Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#2 MODUL 2.1 Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

    #2 MODUL 2.1 Praktik Pembelajaran  yang Berpihak pada Murid PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

    Profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul 2.1 ini adalah CGP dapat:

    MODUL 2.1 GURU PENGGERAK : “Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”
    • Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
    • Menjadi teladan dalam melakukan praktek-praktek reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.
    • Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi Guru Penggerak yang mampu:
    • mendemonstrasikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan alasan mengapa pembelajaran berdiferensiasi diperlukan;
    • melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid yang berbeda;
    • menganalisis penerapan 3 strategi diferensiasi (yaitu: diferensiasi konten, proses, dan produk);
    • mengimplementasikan Rencana Pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah atau kelas mereka sendiri;
    • menunjukkan sikap kreatif, percaya diri, mau mencoba, dan berani mengambil risiko dalam menerapkan berbagai ide strategi pembelajaran berdiferensiasi.

    MATERI 2.1.a.3

    Glosarium

    Daring adalah akronim (singkatan) dari dua kata: “dalam” dan “jaringan”. Dalam Bahasa Inggris, berarti “online”.
    Diagram Frayer adalah Grafik visual yang dikembangkan oleh Dorothy Frayer untuk membantu murid dalam mendefinisikan konsep atau kosakata. Diagram ini dibagi menjadi empat bagian: definisi, karakteristik, contoh dan bukan contoh. 
    Sumber: https://echakim.blogspot.com/2021/03/diagram-frayer-pembelajaran.html

    Diferensiasi Konten adalah Diferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.
    Diferensiasi Produk adalah Merujuk pada strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah dipelajari.
    Diferensiasi Proses adalah Merujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi (content) materi.
    Kesiapan Belajar (Readiness) adalah Kapasitas atau kesiapan murid untuk mempelajari materi baru. Kesiapan ini terkait dengan berbagai hal, diantaranya: pengetahuan, konsep dan keterampilan awal yang saat ini dikuasai oleh murid; miskonsepsi; tingkat perkembangan kognitif, afektif dan fisik; keterampilan berpikir, dan sebagainya.
    Lingkungan Belajar adalah Lingkungan yang berada di sekitar seseorang dan yang mempengaruhi proses belajar mengajar.
    Minat adalah Suatu keadaan mental yang menghasilkan respons terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan kepadanya.
    Peer Teaching adalah Metode pembelajaran tutor sebaya yang merupakan strategi pembelajaran kooperatif dimana rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara orang-orang yang bekerja bersama.
    Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu.
    Profil Belajar adalah Merupakan pendekatan yang disukai murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, dan lain-lain.
    Scaffolding adalah Suatu teknik pembelajaran di mana murid diberikan sejumlah bantuan, kemudian perlahan-lahan diadakan pengurangan terhadap bantuan tersebut hingga pada akhirnya, murid dapat menunjukkan kemandirian yang lebih besar dalam proses pembelajaran.

    ✅Modul  2.1 GURU PENGGERAK : “Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”:

    Sumber: Buku Modul PGP

    ✅Materi Video:
    Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
    Kebutuhan belajar murid merupakan aspek mendasar yang digunakan untuk mengatur strategi pembelajaran. Video berikut memaparkan strategi pembelajaran diferensiasi, meliputi konten, proses dan produk.
    Sumber : Youtube channel Pendidikan Guru Penggerak

    Lingkungan Belajar yang Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi
    lingkungan belajar sangat berpegaruh dalam mendukung diferensiasi pembelajaran. Apa yang bisa dilakukan pendidik untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Video ini memaparkan learning community atau komunitas belajar sebagai lingkungan yang mendukung diferensiasi pembelajaran
      
    Sumber : Youtube channel Pendidikan Guru Penggerak

    CONTOH PEMETAAN KEBUTUHAN MURID

    BACA JUGA >>> MODEL PEMBELAJARAN

    Video ini memaparkan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran inkuiri apresiatif. Langkah-langkah tersebut meliputi BAGJA Buat pertanyaan utama mengenai definisi dan tujuan pembelajaran.
    Sumber : Youtube channel Pendidikan Guru Penggerak

    Modul Lainnya

    Modul 2.2 Pembelajaran Berpihak Pada Murid (Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional)

    Modul 2.3 Pembelajaran Berpihak Pada Murid (Modul 2.3 Choacing)


    === BACA JUGA ===

    👉Modul 2.3 Coaching




     

    Related Posts

    Post a Comment for "#2 MODUL 2.1 Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK"