Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Merancang Sebuah Blog

    Elemen Desain Blog/Design Elements of a Blog

    Sebuah blog mungkin pada dasarnya adalah jurnal online yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik tetapi juga merupakan situs web yang membutuhkan perhatian yang sama terhadap detail yang dibutuhkan situs web lain. Ini juga membutuhkan elemen desain yang sama seperti situs web biasa yang tidak juga berfungsi sebagai blog. Blogger memiliki keputusan untuk dibuat mengenai elemen desain blog seperti warna dan tata letak, font, dan penyertaan iklan. Meskipun banyak program perangkat lunak blog menyediakan berbagai template yang membuat perancangan blog menjadi lebih sederhana, blog juga dapat sangat dikustomisasi oleh blogger yang memiliki beberapa keterampilan pemrograman. Artikel ini akan membahas beberapa pertimbangan desain dasar yang ditemui blogger.

    Warna dan Tata Letak Blog/Colors and Layouts of a Blog

    Warna dan tata letak blog adalah salah satu pertimbangan desain paling jelas yang harus dipertimbangkan blogger saat memulai atau mendesain ulang blog mereka. Blogger dapat menggunakan latar belakang warna solid, blok warna yang berbeda di latar belakang atau gambar atau tekstur di latar belakang. Elemen latar belakang ini dapat berupa warna apa pun yang dapat dibayangkan. Namun, blogger yang mempertimbangkan warna untuk digunakan di blog mereka harus mempertimbangkan untuk menggunakan warna yang secara estetika akan menarik bagi sebagian besar pengunjung blog. Hal ini penting karena penggunaan warna-warna mencolok yang kasar pada mata dapat mengakibatkan penurunan trafik blog.
    Tata letak blog juga harus diperhatikan dengan cermat oleh blogger. Blog harus diatur dengan cara yang menarik bagi pengunjung blog, sesuai dengan subjek blog dan disajikan secara logis yang mudah diikuti oleh pengunjung. Sekali lagi, ini penting karena kegagalan untuk menggunakan tata letak yang memenuhi kriteria ini dapat mengakibatkan pengunjung blog memilih untuk tidak mengunjungi blog lagi karena tata letak yang membingungkan atau tidak menarik.

    4 Tips Merancang Sebuah Blog

    Font yang Digunakan di Blog/Fonts Used in a Blog

    Blogger memiliki sejumlah opsi yang tersedia bagi mereka saat memilih font untuk digunakan di blog mereka. Pilihan ini termasuk font yang dipilih, ukuran teks dan warna teks. Blogger harus mempertimbangkan untuk memilih font yang berfungsi baik dengan desain keseluruhan tata letak blog dan sesuai dengan materi pelajaran blog tetapi juga merupakan font yang umum. Ini penting karena pengunjung blog mungkin kesulitan melihat font jika blogger memilih font unik yang tidak umum. Ukuran teks dan warna teks juga harus dipertimbangkan dengan cermat. Elemen-elemen ini terutama penting untuk keterbacaan. Ukuran teks harus diatur sehingga anggota audiens target dapat dengan mudah membaca teks. Misalnya blogger dengan warga senior sebagai target audiens dapat memilih untuk menggunakan ukuran teks sedikit lebih besar dari biasanya. Warna yang digunakan untuk teks juga harus dipilih untuk meningkatkan keterbacaan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memilih warna yang menarik bagi mata tetapi juga kontras dengan warna latar belakang.

    Penyertaan Iklan di Blog/Inclusion of Advertisements in a Blog

    Blogger juga harus mempertimbangkan penyertaan iklan ketika mereka mendesain blog mereka. Ini termasuk menentukan apakah akan menyertakan blog atau tidak. Setelah keputusan ini dibuat, blogger yang memilih untuk menyertakan iklan harus mempertimbangkan dengan cermat bagaimana dan di mana mereka ingin menampilkan iklan tersebut. Iklan dapat ditampilkan di berbagai lokasi di seluruh blog dan dapat dirancang terpisah atau jelas tergantung pada preferensi blogger. Iklan juga dapat memiliki berbagai ukuran dan bentuk dan sangat dapat disesuaikan dalam beberapa cara berbeda.
    BACA JUGA>>> Tips Trik Blog 1 Tips Trik Blog 2 Tips Trik Blog 3 Tips Trik Blog 4 Tips Trik Blog 5 Tips Trik Blog 6 Tips Buat Video 1 Tips Buat Video 2 Tips Buat Multimedia (SAC) RPP BEST PRACTICE HYPERDOC GURU PPPK Blog 7 Blog 8 Blog 9 Blog 10 Blog 11 Blog 12

    Related Posts

    Post a Comment for "4 Tips Merancang Sebuah Blog"