Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JURNAL PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 4 POLEWALI MANDAR

JURNAL PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 4 POLEWALI MANDAR


✅Pendampingan Individu 0
Waktu : Kurun waktu seminggu sebelum lokakarya 1
Fokus Pendampingan :
Diskusi tantangan belajar berani
Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara
Penilaian  Refleksi CGP:  Memberikan penilaian terhadap hasil refleksi masing-masing CGP

PI.0.1. Langkah-langkah pendampingan
A. Bagian awal pendampingan
Pendamping/ pengajar praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak 
Pendamping/Pengajar Praktik menanyakan apa saja proses yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir dan hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan tersebut 
Pendamping/Pengajar Praktik mengapresiasi karena telah melakukan pembelajaran daring di bulan pertama 
Pendamping/Pengajar Praktik menanyakan bagaimana dukungan dari ekosistem sekolahnya
B. Bagian inti pendampingan 
1. Jelaskan tujuan khusus pendampingan kali ini 
2. Diskusi tindak lanjut hasil lokakarya 0 terkait harapan, kekhawatiran, dan dukungan yang diberikan khususnya dari ekosistem sekolah: 

Setelah melakukan pembelajaran daring selama 1 bulan, bagaimana harapan dan kekhawatiran Bapak/ Ibu saat ini? 
Apa saja kekhawatiran yang sebelumnya Bapak/ Ibu resahkan dan terjadi, atau belum/ tidak terjadi? 
Apa saja harapan-harapan yang sudah terwujud setelah pembelajaran 1 bulan ini? Adakah harapan baru yang Bapak/ Ibu harapkan untuk pembelajaran 1 bulan ke depan? 
Bagaimana dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah selama Bapak/ Ibu melakukan pembelajaran daring? 

3. Diskusi tindak lanjut hasil pembelajaran daring terkait implementasi perubahan di ruang kelas sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara: 
Berdasarkan pembelajaran mengenai filosofi pendidikan yang sudah Bapak/ Ibu pelajari, apa perubahan yang Bapak/ Ibu lakukan di ruang kelas agar selaras dengan pemikiran Ki Hadjar? 
Apa saja pembelajaran yang Bapak/ Ibu dapatkan dari modul Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yang mendorong Bapak/Ibu melakukan perubahan tersebut? 
Bagaimana respons peserta didik Bapak/ Ibu atas perubahan yang dilakukan dan bagaimana Bapak/ Ibu melihat respons tersebut? 
Apa hal yang sudah baik dari perubahan tersebut dan apa saja yang perlu diperbaiki ke depannya? 
4. Diskusi tindak lanjut mengenai perbaikan atau rencana setelah pendampingan 1) Apa hal yang akan Bapak/ Ibu lakukan/ rencanakan setelah pendampingan ini terkait perubahan praktik pembelajaran di kelas sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

C. Bagian akhir pendampingan

1. Melakukan refleksi terhadap proses pendampingan saat ini: 
Apa pembelajaran atau ide baru yang Bapak/ Ibu dapatkan setelah sesi pendampingan ini? 
Apa yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki dari pendamping/ pengajar praktik di pendampingan berikutnya? 
2. Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih telah berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dari pembelajaran daring. 
3. Melakukan penilaian terhadap proses refleksi Calon Guru Penggerak berdasarkan rubrik pada lampiran. 
4. Mengisi Jurnal Pendampingan dalam LMS, mengisi daftar hadir, dan rencana pendampingan selanjutnya. 
5. Jika ada hal-hal terkait pembelajaran daring yang perlu diketahui oleh fasilitator, maka perlu dicatat dalam Jurnal Komunikasi dalam LMS.


Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat malam, salam sehat dan bahagia selalu.

Bapak Ibu PP, mohon izin saya sampaikan beberapa hal terkait pendampingan individu perdana (PI 0) dan lokakarya 1 (LK 1).

PI 0

1. Jadwal PI 0 dibuat oleh masing-masing PP dengan mengacu rentang waktu yang telah disampaikan pada surat undangan PI 0.

2. Dalam 1 hari pendampingan, PP hanya diizinkan melakukan pendampingan maksimal 2 CGP dengan waktu yang berbeda.

3. PI 0 wajib dilaksanakan selama 4 JP (setara dengan 3 jam) per CGP.

4. Saat PI 0, PP wajib membawa:
a. Surat tugas (diusahakan kolektif dari dinas; apabila tidak ada, silahkan dari instansi masing-masing PP);
b. SPPD (ditandangani sesuai format terlampir);
c. Daftar hadir (disiapkan sejumlah hari pendampingan dan diisikan oleh orang-orang yang terlibat di dalam PI 0, seperti CGP, kepala sekolah, rekan sejawat, dan siswa).

5. Seluruh pengeluaran perjalanan dan penginapan (hanya berlaku untuk PP yang berasal dari luar kab/kota sasaran) di dalam melaksanakan PI 0 akan kami gantikan, namun semua pengeluaran harus memiliki bukti.

6. Dalam melaksanakan PI 0, apabila masih terdapat kendaraan umum, maka tidak diperkenankan untuk menyewa. Namun apabila di daerah CGP tidak terdapat kendaraan umum dan memang harus menyewa kendaraan, maka PP harus dapat menunjukkan bukti kuitansi disertai fotokopi STNK dan nomor HP pengemudi.

7. Apabila PP tidak dapat menunjukkan bukti perjalanan, maka PP berhak mendapatkan transport lokal sebesar Rp 200.000 per hari (dengan catatan CGP berasal dari sekolah yg berbeda dari PP; apabila CGP berasal dari sekolah yang sama dengan PP, maka PP tidak mendapatkan transport lokal).

8. PP yang berasal dari luar kab/kota sasaran, apabila tidak dapat menunjukkan bukti perjalanan, maka akan mendapatkan pengganti transportasi sesuai standar biaya minimal (SBM) yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

9. Untuk penginapan pada saat PI 0, yang dapat kami gantikan maksimal sebesar Rp 300.000 per malam (wajib dibuktikan dengan bill hotel).

LK 1

1. Yang harus dibawa PP pada saat LK 1:
a. Daftar hadir PI 0
b. Kuitansi rapid antigen beserta hasil rapid antigen
c. Surat tugas PI 0
d. Surat tugas LK 1
e. SPPD PI 0
f. SPPD LK 1
g. Bukti perjalanan PI 0 dan LK 1
f. Bukti penginapan (jika ada)

2. Yang harus dibawa CGP pada saat LK 1:
a. Kuitansi rapid antigen beserta hasil rapid antigen
c. Surat tugas LK 1
d. SPPD LK 1.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. 

Terima kasih dan selamat bertugas Bapak Ibu PP.. 🙏🏼

Semoga Bapak Ibu PP senantiasa diberikan kesehatan, kemudahan, dan kelancaran di dalam menjalankan setiap tugas. Aamiin. 🤲🏼🤲🏼

✅Pendampingan Individu 0 (Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 pada Kegiatan Pendampingan Individu 0)
SURAT PENDAMPINGAN INDIVIDU 0 (BULAN NOVEMBER)

✅Pendampingan Individu 1 (Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 pada Kegiatan Pendampingan Individu 1)

Kami sampaikan dengan hormat, dalam rangka lanjutan pelaksanaan Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 Tahun 2021, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) akan melaksanakan kegiatan Pendampingan Individu 1 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 4 yang akan dilaksanakan dalam rentang waktu tanggal 2 s.d. 11 Februari 2022 di sekolah masing-masing CGP.
SURAT PENDAMPINGAN INDIVIDU 1 (BULAN FEBRUARI)

✅Pendampingan Individu 2 (Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 pada Kegiatan Pendampingan Individu 2)
SURAT PENDAMPINGAN INDIVIDU 2 (BULAN MARET)

✅Pendampingan Individu 3 (Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 pada Kegiatan Pendampingan Individu 3)
SURAT PENDAMPINGAN INDIVIDU 3 (BULAN APRIL)

✅Pendampingan Individu 4 (Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 pada Kegiatan Pendampingan Individu 4)
SURAT PENDAMPINGAN INDIVIDU 4 (BULAN MEI)

✔sumber: LMS - Pembekalan PP Angkatan 4
LAPORAN LOKAKARYA PERDANA



=== BACA JUGA === 

Post a Comment for "JURNAL PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 4 POLEWALI MANDAR"