Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat BLOG Website Portofolio Guru Penggerak Menggunakan Google Sites (akun belajar.id) by M.I (Pengajar Praktik)

    Cara Mudah  Membuat BLOG Website Portofolio Guru Penggerak Menggunakan Google Sites (akun belajar.id) by M.I (Pengajar Praktik)



    Tampilan Desktop
    Contoh tampilan web portofolio


    Mudah Membuat Website Portofolio Guru Penggerak Dengan Menggunakan Google Sites - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa google menyediakan berbagai fitur produk untuk penggunannya, mulai dari layanan Email, Blog, Google Doc, Youtube, dan berbagai layanan lainnya. Salah satunya yang akan saya ulas Pada postingan kali ini adalah cara bagaimana anda membangun website dengan menggunakan layanan yang sudah disediakan oleh google yaitu dengan Google Sites.

    ✔ Website Pribadi

    Website pribadi biasanya disebut sebagai blog, konten didalamnya berisi artikel-artikel informatif dengan sebuah topik khusus ataupun campuran. Jenis website ini dapat digunakan sebagai jurnal pribadi dan juga sumber penghasilan tambahan, dengan monetisasi ataupun pembuatan artikel sponsor.

    ✔  Website Portfolio

    Jenis ini sebenarnya masih termasuk bagian website pribadi, karena isinya ialah publikasi portfolio atau dokumentasi hasil karya atau pekerjaan yang telah kita lakukan. Jenis website ini sangat berguna untuk para Freelancer yang menjajakan jasa-nya di media digital.

    ✔  Website Perusahaan/Company Profile

    Jenis website ini berisi profil dari sebuah perusahaan. Dan focus utamanya ialah profi dan pengenalan dari produk atau jasa yang dimilki. Selain itu juga website company profile digunakan oleh perusahaan untuk menunjukkan eksistensinya di Intenet, dengan mempublikasikan informasi seputar event-event yang diadakan ataupun peresmian produk baru ,dan lainnya.

    Apa Itu Google Sites?

    Google Sites merupakan platform untuk membuat website yang disediakan oleh google, platform pembuat website ini semula dikembangkan oleh JotSpot sebelum akhirnya di akuisisi oleh google pada tahun 2006, dan tepat pada tanggal 1 Juni 2006 platform ini di re-building full kemudian diluncurkan kembali sebagai Google Sites dan resmi sebagai bagian dari Google OfficeSuite for Business.

    Google Sites ini sekilas memang terlihat seperti platform pembuatan website, namun saya pribadi beranggapan google sites ini kurang cocok digunakan ketika harus membangun sebuah website bisnis yang komplek, ini akan lebih cocok untuk membuat situs wiki dan intranet perusahaan. Namun demikian fitur yang ada pada google sites ini sangat mudah digunakan dalam pembuatan website khususnya bagi anda yang belum pernah membangun website dan ingin membangunya dengan cepat dan mudah ini dapat menjadi solusi bagi anda.

    Google sites digunakan untuk membuat situs webite untuk pribadi ataupun kelompok, baik untuk keperluan personal ataupun korporat. Google Sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya Google sites adalah produk yang dibuat oleh google sebagai alat untuk membuat situs. Google sites sangat mudah digunakan terutama untuk menunjang pembelajaran dengan memaksimalkan fitur-fitur seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya

    Bagaimana Cara Membuat Website Portofolio Dengan Google Sites?

    Dikarenakan Google Sites ini merupakan layanan yang disediakan oleh Google, maka hal pertama yang wajib anda miliki adalah sebuah akun email termasuk akun belajar.id (pembelajaran), yah.!, anda harus mempunyai akun google atau gmail untuk bisa mengakses layanan google lainnya, jika anda belum memiliki akun di google silahkan anda bisa klik disini untuk membuat akun google terlebih dahulu.

    Ok, ketika anda sudah membuat akun google anda sudah bisa menggunakan untuk mengakses layanan google, silahkan anda login untuk masuk, anda nanti akan dibawa ke dasbord Google Sites, jika anda baru pertama membuka google sites disitu akan menampilkan halaman yang hampir sepenuhnya kosong, seperti gambar dibawah ini:
    Tampilan gooles Sites pertama kali diakses
    Tampilan Google Sites pertama kali diakses

    Jika anda sudah masuk kehalaman diatas, berikutnya silahkan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

    Langkah #1. Buat Situs Baru Dan Beri Nama

    Langkah pertama yang anda lakukan adalah dengan klik tanda "+" yang berada tampilan awal atau disebelah kanan bawah pada dashboard Google Sites,

    Klik tanda "+" untuk membuat website baru
    Klik tanda "+" untuk membuat website baru

    Setelah anda klik tombol "+" untuk membuat situs baru, maka anda akan dibawa menuju layar pembuatan situs baru, perhatikan disebelah kiri atas anda akan melihat bahwa situs anda belum diberikan nama dan masih berupa kolom placeholder yang tertulis "Halaman Tanpa Judul" atau "Untitled Site" jika anda menggunakan bahasa inggris. Silahkan masukan nama Website yang anda inginkan. disini saya memberikan nama website portofolio saya sebagai "gurupenggerak"

    Pemberian Nama Google Sites
    Pemberian Nama Google Sites

    Proses pemberian nama pada situs website anda sudah selesai, proses selanjutnya adalah memilih tema yang sesuai dengan keinginan anda. Proses selanjutnya masuk pada langkah atau tahap berikutnya yaitu proses pemilihan tema website.

    Langkah #2. Memilih Tema Situs

    Pilihan setting 


    Memilih tema pada google sites
    Memilih tema pada google sites


    Untuk memilih tema situs yang anda inginkan, berikutnya silahkan anda pilih panel sebelah kanan dashboard Google Sites, disitu terdapat tiga pilihan yaitu; sisipkan, halaman dan tema, selanjutnya anda pilih tema. Untuk saat ini google sites baru tersedia 6 tema, silahkan anda pilih salah satu yang menurut anda bagus untuk dijadikan tema pada website anda

    Google Sites saat ini hanya menyediakan tema yang sangat terbatas yaitu baru ada 6 tema, itupun desainya menurut saya masih sangat kurang bagus, tapi harapan saya pribadi semoga kedepan google akan lebih meningkatkan lagi desain dan performa dari google sites. Tapi untuk saat ini okelah, karena fitur google sites sendiri gratis tis..!!.

    Langkah #3. Pilih Tampilan

    Langkah berikutnya setelah anda menentukan pilihan tema untuk website anda adalah memilih tampilan atau layout tata letak dari situs yang akan anda buat, masih pada panel sebelah kanan, anda klik opsi sisipkan, disini anda akan disajikan kumpulan tata letak prebuilt yang bisa anda sisipkan pada halaman-halaman website anda dengan sekali klik saja.

    Panel Tata Letak Google Sites

    Panel Tata Letak Google Sites

    Panel Tata Letak Google Sites

    Pada opsi sisipan anda akan melihat opsi untuk menambahkan elemen seperti Teks, Gambar, dan Tombol di halaman situs anda. Ada juga kumpulan widget Google Services seperti Sheets, forms, docs, slides, picture, calendar, dan lain-lain.

    Panel Tata Letak Google Sites


    Silahkan klik pada elemen atau tata letak yang anda inginkan untuk mengedit google sites anda.

    Langkah #4. Menambahkan Konten Ke Beranda

    Setelah memilih tema dan setting tata letak, selanjutnya sekarang kita menambahkan konten ke situs website kita. Pada tahap sebelumnya, website yang kita buat masih kosong, baru sekedar memilih tema dan setting tata lelat website kita. Langkah-langkah yang akan kita kerjakan dalam membuat sebuah konten website adalah sebagai berikut:

    4.1 Mengedit Halaman Header

    Mari kita mulai dengan mengedit Halaman Header. Caranya cukup dengan klik pada halaman header untuk mengedit konten teks. Disini saya memberikan atau menamai halaman header ini sebagai Home seperti gambar berikut ini:

    Halaman Header Google Sites
    Halaman Header Google Sites


    Pada pemilihan header ini anda bisa memilih tata letak yang berbeda-beda sesuai yang anda inginkan, dalam hal ini saya hanya memilih atau menggunakan header tipe banner saja, jika anda ingin merubah jenis header silahkan arahkan kursor ke halam header, nanti akan muncul ubah gambar dan jenis header di sebelah kiri bawah bagian header, silahkan anda pilih jenis header maka akan muncul 4 opsi pilihan header yaitu: Sampul, Spanduk Besar, Spanduk dan Hanya Judul. silahkan sesuaikan pilihan anda.

    4.2 Mengedit Gambar Sampul

    Gambar sampul merupakan bagian background pada header suatu halaman website, dan untuk mengubah gambar sampul, pindahkan kursor ke gambar yang ada dan pilih Ubah Gambar. anda bisa merubah gambar dengan memilih opsi "Pilih Gambar", dan juga anda bisa merubah gambar dengan upload gambar dari komputer anda melaui opsi atau pilihan "Upload".

    Google Sites mendukung pilihan atau opsi Multiple Image Source yang memungkina untuk mengambil berbagai sumber gambar baik dari sumber lokal seperti; drive komputer, atau melaui jaringan internet melalui url situs lain, seperti search engine, google drive, galeri, dan album yang sudah ada.

    Merubah Gambar Sampul Google Sites
    Merubah Gambar Sampul Google Sites


    Pada artikel tutorial web portofolio ini, saya akan memilih gambar dari drive komputer saya dengan mengupload gambar untuk sampul yang menurut saya sesuai dengan tema website saya. dan berikut adalah tampilan gambar sampul untuk website saya:

    Gambar Sampul yang sudah di Rubah
    Gambar Sampul yang sudah di Rubah

    4.3 Menambahkan Konten ke Halaman

    Sekarang saya akan menambahkan sebuah konten pada halaman Home. Saya memilih untuk membuat tata letak yang ingin saya tampilkan, dan disini saya memilih untuk membuat sebuah tampilan 2 kolom dimana saya akan menempatkan gambar dan teks secara horizontal yaitu gambar disebelah kiri dan tulisan atau deskripsi berada disebelah kanan. Dalam hal ini tentunya anda juga mempunyai selera masing-masing jadi silahkan pilih yang mana anda sukai.
    Untuk membuat sebuah konten pada halaman tersebut tidaklah sulit, karena cukup dengan klik dan seret ke bagian yang ingin anda masukan, maka konten suda siap di tulis. Caranya dengan memilih opsi sisipkan pada panel sebelah kanan maka anda akan menemukan banyak pilihan konten, dan anda bisa memilihnya antara memasukkan Gambar, Video Youtube, Google Kalender atau Peta. Ini semua adalah aplikasi yang disediakan oleh Google, sebuah fitur yang memberi Google Sites keunggulan dibandingkan banyak Platform Pembuatan Situs lainnya

    Tampilan hasil dari pengisian konten yang saya buat dapat dilihat sebagai berikut:

    Konten Google Sites
    Konten Google Sites

    Proses pembuatan konten tersebut diatas dengan cara memilih opsi sisipkan, kemudian saya memilih tata letak layout untuk image dan teks seperti berikut:

    Konten Google Sites


    4.4 Menambahkan Layout Baru

    Website yang sudah anda buat dengan menggunakan Google Sites tentunya anda juga ingin lebih banyak lagi menampilkan konten-konten lain, Saya akan menambahkan tata letak lain tepat di bawah yang baru saja saya edit seperti pada gambar di atas. Untuk melakukan itu, yang perlu kita lakukan adalah dengan mengklik opsi Sisipkan di sisi kanan atas halaman ini dan memilih tata letak baru. Saya akan mengulangi prosedur yang sama di atas untuk menambahkan konten ke bagian tata letak baru.




    Setelah saya menambahkan konten baru, inilah tampilan situs web saya, anda bisa perhatikan tampilanya, dan anda bisa memilih sesuai yang anda inginkan, dalam hal ini saya hanya membuat utuk tampilan sederhana saja seperti berikut ini:


    Sekali lagi hasil screenshoot tersebut diatas hanyalah sekedar contoh dari selera saya saja utuk kepentingan tutorial dalam artikel ini, tentunya anda bisa menentukan sendiri model konten seperti apa yang menurut anda bagus.

    4.5 Menambahkan Footer


    Ikuti terus langkah-langkah dan prosedur dalam pembuatan halaman Home, sampai anda sudah benar-benar paham untuk membuatnya. Setelah anda menyelesaikan halaman ini, langkah berikut akan saya tunjukan bagaimana menambahkan footer ke halaman anda. Untuk melakukannya, scroll ke bagian bawah, dan letakan kursor pada halaman beranda, nanti pada bagian bawah halaman akan muncul (tambahkan footer) selanjutnya klik tombol Add Footer seperti gambar yang saya tunjukkan di bawah ini:

    Anda dapat menambahkan teks ke footer dan menyesuaikan tampilannya agar seperti apa yang anda inginkan. Untuk tampilan footer pada situs saya seperti gambar berikut:

    Langkah #5. Menambahkan Halaman Baru

    Sebuah website lazimnya memiliki banyak halaman yang memuat jenis informasi berdasarkan kategori dari website itu sendiri, seperti halnya Halaman beranda atau Home yang memuat ringkasan dari keseluruhan konten website, Halaman Profile yang memuat informasi tentang profile dari situs web itu sendiri, Halaman Layanan, Halaman Produk, halaman kontak dan lain-lainnya.



    Setelah selesai membuat halaman Beranda atau Home, tentunya anda ingin menambahkan sebuah halaman website baru untuk menampung informasi atau isi dari konten tertentu, berikut langkah-langkah yanng harus anda lakukan untuk menambah halaman baru pada Google Sites, klik opsi Halaman di sisi kanan panel layar pembuat halaman lalu klik tombol "+" di bagian bawah. lebih jelasnya seperti gambar berikut:







    Klik tombol “+” kemudian tambahkan nama halaman di jendela yang muncul. Untuk website saya sendiri saya memberi nama halaman baru ini sebagai "Tentang Kami"


    Halaman baru yang menggunakan tema yang sama telah saya buat. Perhatikan bahwa pada menu di sisi kanan atas, itulah menu yang menunjukkan nama halaman.

    Jika Anda ingin menambahkan URL kustom untuk halaman ini, klik opsi drop-down Lanjutan pada screenshot di atas, lalu ketik URL kustom Anda, lalu klik Selesai.

    Sekarang saya akan mengulangi langkah ke-4 di atas untuk menambahkan konten ke halaman baru. Berikut adalah tampilan halaman Tentang Kami setelah menambahkan konten ke dalamnya.







    Tambahkan semua halaman yang anda perlukan untuk website anda dengan mengulangi langkah 4 dan 5, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

    Langkah #6. Manajemen Website

    Sebelum anda mempublikasikan website anda kepada masyarakat dunia online, langkah yang harus anda lakukan adalah anda perlu mengatur dan mengkonfigurasi beberapa elemen penting dengan mengklik ikon tiga titik di sisi kanan atas layar pembuat halaman. Di sini, anda bisa menambahkan favicon, menambahkan URL khusus, mengubah pengaturan informasi website, meamsang analitik website, memasang logo perusahaan atau bahkan membuat duplikat website,


    Jika anda ingin menampilkan favicon, pada website silahkan klik setting dengan memilih icon roda gear yang berada sebelah kiri dari icon titik tiga. Favicon adalah ikon yang terkait dengan situs web tertentu, biasanya ditampilkan di bilah alamat browser yang mengakses situs atau di samping nama situs di daftar bookmark pengguna., untuk membuat favicon caranya seperti gambar berikut:


    Jika Anda memiliki URL kustom, seperti www.domainanda.com, Anda dapat menambahkannya dengan mengklik opsi URL kustom dari screenshot di atas.

    Secara default, website yang baru anda buat akan dapat dilihat oleh siapa saja. Untuk mengontrol akses ke situs web Anda, saya akan mengklik ikon tambahkan orang di sisi


    kanan atas layar. Perlu di ketahui bahwa situs yang anda buat akan dapat dilihat oleh semua orang sehingga mereka bisa mengedit dan merubah halaman situs, hal ini tentunya harus diantisipasi dengan memberikan hak akses tertentu kepada siapa saja yang bisa atau berhak mengedit dan siapa saja yang hanya boleh melihat-lihat saja.

    Bagaimana cara memberikan izin kepada orang-orang yang boleh menjadi admin?, anda tinggal masukan email pada kontak anda dengan cara klik tombol orang seperti dibawah:


    Selanjutnya anda akan disajikan menu atau form inputan untuk memasukan alamat email orang yang anda pilih sebagai admin website anda, selanjutnya pilih level editor dengan mengklik tombol segitiga kecil disebelah form inputan email. Disini ada 2 level yang memiliki privilage yang berbeda-beda, jika anda memilih sebagai editor berarti anda memberi akses seseorang untuk bisa merubah, mengedit, menambah dan menghapus konten, namun jika anda memberikan hak akses sebagai Pengakses lihat saja yang dibagikan berarti orang tersebut hanya bisa melihat tampilan website saja tanpa bisa


    Langkah #7. Mempublikasikan Website

    Setelah tahapan manajemen website dilalui dengan melakukan pengeditan website anda dan anda sudah memastikanya bahwa semua website telah memenuhi persyaratan, maka langkah terakhir adalah mempublikasikan website anda. Caranya dengan memilih panel di sisi kanan atas layar, lalu kemudain klik tombol Publikasikan.

    Setelah mengklik tombol publikasikan selanjutnya akan muncul jendela popup, disini anda harus menuliskan nama alamat website yang akan ditampilkan, atau jika anda sudah memiliki nama domain sendiri anda bisa memasukan nama domain anda pada isian kelola domain.


    Setelah proses pengisian pemberian nama website dan pengelolaan website sudah selesai maka tahapan selanjutnya adalah anda klik tombol publikasikan. maka proses pembuatan website sudah selesai dan website anda sudah dapat diakses oleh semua orang secara online.




    Itulah langkah-langkah bagaimana membuat website dengan menggunakan google sites. Semoga Bermanfaat

    ✅Kelebihan dan Kelemahan Google Sites

    Kelebihan :
    • Cepat dan sangat mudah untuk diedit.
    • Google Sites gratis selama Anda memiliki akun Google.
    • Anda tidak perlu memiliki keahlian pengembangan web untuk menggunakannya.
    • Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun.
    • Terintegrasi dengan aplikasi Google sehingga memberikan keunggulan dibandingkan pembuat situs web lain.
    • Ini sangat ideal untuk pemula yang ingin membangun situs web untuk pertama kalinya.
    Kelemahan:
    • URL situs harus dimulai dengan sites.google.com/site/ kecuali Anda memiliki URL kustom.
    • Google Sites memiliki fungsionalitas yang terbatas dibandingkan dengan beberapa pesaingnya.
    • Aplikasi hanya terbatas pada Google Apps. Memasukkan aplikasi di luar Google Apps seringkali dapat menimbulkan masalah.
    • Ini bukanlah platform pembuat situs web yang baik untuk skala bisnis yang besar karena penyesuaiannya yang terbatas.
    • Template yang tersedia sangat mendasar dibandingkan dengan platform pembuat situs web lainnya.

    ✔ Kesimpulan

    Membuat website dengan meggunakan Google Sites merupakan pilihan bagi anda yang ingin instant dalam membangun sebuah website profile, Portofolio dll, karena hal ini dapat dikerjakan dalam waktu beberapa menit, tanpa menulis satu baris kode pun.

    Meskipun Google Sites jelas tidak memiliki fitur lanjutan, ini mudah dan gratis. Jadi jika anda merasa gagap teknologi/gaptek, cobalah menggunakan google sites, mungkin itu akan mempersiapkan anda untuk meluncurkan website secara profesional dalam waktu dekat.

    Bentuk Jenis Tampilan Web Google Sites 

    Tampilan Gawai/Gadget/Handphone
    Tampilan Gawai/Gadget/Handphone

    ampilan Tablet
    Tampilan Tablet

    Tampilan Desktop
    Tampilan Desktop/PC




    LAPORAN DAN DOKUMENTASI PENDAMPINGAN INDIVIDU 2 Mengenal Lebih Dekat Sosok Pengajar Praktik Lokakarya 2 Komunitas Praktisi profil pengajar praktik #1 Ringkasan Modul 1 #2 Ringkasan Modul 2 #3 Ringkasan Modul 3 Istilah/Glosarium Pendidikan Guru Penggerak KEGIATAN PENYEGARAN PENGAJAR PRAKTIK PPGP REGION MAKASSAR DOKUMENTASI KEGIATAN PENYEGARAN PENGAJAR PRAKTIK PPGP REGION MAKASSAR LAPORAN PI 1 LAPORAN PI 0 LAPORAN Lokakarya 0 LAPORAN Lokakarya 1 MODUL 1 PGP MODUL 2 PGP JURNAL CGP JURNAL LOKAKARYA

    Related Posts

    Post a Comment for "Cara Mudah Membuat BLOG Website Portofolio Guru Penggerak Menggunakan Google Sites (akun belajar.id) by M.I (Pengajar Praktik)"