Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Model Model Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar

    Latar Belakang

    Seiring dengan perkembangan zaman era industri 4.0, yang mana perkembangan teknologi digital sangat pesat. Tentu saja dibutuhkan pembelajaran yang berbasis TIK. Pembelajaran berbasis TIK adalah upaya memanfaatkan kemajuan TIK untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam pembelajaran berbasis TIK, TIK berperan sebagai media penghubung untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Situasi pandemi juga semakin menuntut pemerintah untuk memfasilitasi guru dan siswa dengan portal belajar yang dapat membantu proses belajar dari rumah atau belajar dengan sistem daring. Pemerintah, dalam hal ini Kemendidkbud melakukan inovasi dengan menyediakan sebuaqh portal belajar yaitu Rumah Belajar. Rumah Belajar dengan berbagai fitur keren dapat mendukung komunikasi antara guru dan siswa dalam proses belajar daring
    Model Model Pembelajaran Inovatif

    Rumah Belajar sebagai bentuk inovasi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, siswa dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

    Untuk itu perlu diadakannya inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya dengan memanfaatkan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, hal ini akan membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Guru dalam proses pembelajaran dalam memanfaatkan fitur pada rumah belajar yang dapt dikaitkan dengan kearifan lokal suatu daerah agar siswa lebih mendapatkan dan merasakan pembelajaran yang bermakna.
    Pada tema kali ini dalam pemanfaatkan fitur sumber belajar di portal rumah belajar pada proses pembelajaran, saya mengaitkan kearifan lokal daerah setempat yaitu perkebunan karet demgan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning. Saya mengimplementasi model Project-Based Learning pada materi senyawa polimer yang memanfaatkan limbah karet yang semula menjadi sampah yang tak berguna, kemudian di daur ulang menjadi barang dan seni yang bernilai dengan memanfaatkan portal rumah belajar sebagai sumber belajar siswa.

    Model Pembelajaran Inovatif

    Apa itu Model-Model Pembelajaran Inovatif?
    Sebelum menerapkan model-model pembelajaran inovatif, seorang pendidik seharusnya telah memahami karakteristik dan tujuan penerapan setiap model pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik. Setiap model pembelajaran akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda seiring dengan tujuan dan karakter yang ingin dibentuk pada peserta didik. Dengan memahami tujuan dari setiap model pembelajaran yang akan diterapkan, seorang pendidik akan mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didiknya.
    • Model-Model Pembelajaran Inovatif
    • Model Discovery-Inquiry
    • Model Flipped Classroom
    • Model Project Based Learning
    • Model Blended Learning
    • Model Berbasis Game
    • Model Self Organized Learning Environments/SOLE
    • Model Project Based Learning
    Contoh: 
    Model Project Based Learning adalah model pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik melalui konsep yang dibangun berdasarkan produk yang dihasilkan dalam proses pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran ini cocok diterapkan ketika pendidik menginginkan peserta didik terlatih untuk mampu mencari solusi dan berkolaborasi untuk mengerjakan sebuah proyek untuk mengatasi suatu permasalahan konkret yang mereka hadapi.

    Panduan Model Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar

    sumber: Materi Pusdatin 2021

    sumber: Materi Pusdatin 2020



    BACA JUGA >>> RPP BEST PRACTICE HYPERDOC 

    • Model Discovery-Inquiry

     

    Related Posts

    Post a Comment for "Model Model Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Portal Rumah Belajar"