Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 (Tiga) Orang Pengajar Praktik, Lulus Fasilitator PGP Angkatan 13 Prov. Sulawesi Barat



    Alhamdulillah, sebanyak 3 (Tiga) Orang Pengajar Praktik (PP) atau pendamping CGP  Angkatan 1 dan Angkatan 4 Kabupaten Polewali Mandar, yang lulus Rekrutmen Fasilitator Angkatan 13 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
    Selain itu, salah satunya akan bertugas mendampingi untuk membersamai para Calon guru pengerak dalam proses program Guru pendidikan delama 6 bulan di Angkatan 8 nantinya, yang InsyaAllah akan mulai pendidikannya tanggal 10 Mei 2023 dan akan berakhir di Bulan November di tahun yang sama.
    Selanjutnya Salah satu Kepala sekolah asal Kab. Majene, yang lolos seleksi, (M. Ilham) mengatakan, pengumuman kelulusannya berdasarkan Surat No. 1123/B3/GT.00.08/2023. yang terkai Tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 3. Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 13 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Adapun guru dan Kepsek yang lolos seleksi, selain dirinya antara lain Sitti Zuhra R(Kepala Sekolah SD), dan Muhammad Natsir (Guru SMKN 1 Polewali),
    Dikatakan M.Ilham (SMAN 3 Majene) sebelumnya mereka yang mengikuti Rekrutmen Fasilitator telah mengikuti rangkaian seleksi yang cukup panjang waktunya dan juga ada melewati tahapan seleksi sebanyak 3 tahapan. Untuk tahap 1 pengisian Essay dan syarat dokumen pendaftaran, Tahap 2 Wawancara oleh 2 Assesor, dan Tahap 3 yakni pembekalan selama 12 hari (Jika dinyatakan lulus tahap 2).
    Adapun Pendaftaran calon fasilitator Pendidikan Guru Penggerak (PGP) 2023 angkatan 13 khusus untuk para pendamping atau pengajar praktik yang telah bertugas pada Angkatan 1 sampai dengan Angkatan 4, dan dibuka pada 16 Januari 2023 .
    Untuk diketahui bahwa Fasilitator Angkatan 13 asal Polewali merupakan guru-guru/Kepala sekolah terpilih yang syarat dengan pengalaman sebagai Instruktur, Narasumber, Pendamping maupun mentor baik Lokal maupun Nasional. 
    Fasilitator merupakan salah satu orang yang termasuk dalam tim Pendukung selain Pengajar Praktik. Seorang Fasilitator Guru Penggerak bertugas untuk mendampingi Calon Guru Penggerak selama proses pendidikan dan bertugas selama 6 bulan setiap angkatan guru penggerak. Tugas lainnya adalah Melakukan refleksi mingguan melalui forum Pendampingan, mencatat serta menganalisis perkembangan peserta pelatihan, mengumpulkan tugas-tugas dan memberi umpan balik kepada peserta, memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya, turut memberikan umpan balik kepada instruktur untuk perbaikan sesi dan membangun refleksi kepada peserta.
    Sedikit mengulas terkait program Guru Penggerak, penjabaran lebih lanjut telah disampaikan oleh Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia pada kegiatan sosialisasi yang diadakan pada tahun 2020 lalu. Peran serta instruktur pelatihan maupun Fasilitator diharapkan dapat menciptakan SDM unggul para guru penggerak untuk pembangunan nasional.
    Kemendikbudristek akan mendorong Guru Penggerak menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia. Guru Penggerak sendiri dirancang sebagai pendorong transformasi pendidikan Indonesia dari masa-masa sebelumnya. Berdasarkan grafik data yang ada terlihat bahwa pertumbuhan Guru Penggerak akan mencapai titik kritis yang mengantarkan perubahan berkelanjutan, sehingga harapan kemajuan pendidikan di Indonesia juga semakin dirasakan.
    Nantinya Pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak akan berjalan 10 Mei s.d. 14 dilanjutkan kegiatan orientasi pelaksanaan PGP oleh BBGP/BGP masing-masing.
    Selanjutnya Perlu diketahui, dari 3 Orang Fasilitator yang lulus, terdapat 2 (Orang) Fasilitator yang berasal Alumni yang sama (SMAN 1 Tinambung), Meskipun Angkatan Alumni berbeda: Sitti Zuhra (Angkatan 93) dan M.Ilham (Angkatan 96). juga ikut Pengajar Praktik di Angkatan 4 yang sama.


    Related Posts

    Post a Comment for "3 (Tiga) Orang Pengajar Praktik, Lulus Fasilitator PGP Angkatan 13 Prov. Sulawesi Barat"