MATERI PENTING SOSIALISASI AKREDITASI DAN KUMPULAN MATERI PELATIHAN AKREDITASI TAHUN 2024
MATERI SOSIALISASI AKREDITASI DAN KUMPULAN MATERI PELATIHAN AKREDITASI TAHUN 2024
Akreditasi Bukan Sekadar Branding
- Satuan pendidikan sebagai lembaga layanan publik harus accountable kepada publik.
- Karena harus accountable kepada publik, maka setiap satuan pendidikan WAJIB diakreditasi.
- Ukuran akuntabilitas adalah kualitas layanan pendidikan yang disediakan satuan pendidikan kepada siswa.
- Sebagai alat akuntabilitas, akreditasi dipandang sebagai cara melindungi anak-anak kita dari layanan pendidikan yang tidak layak.
Akreditasi adalah alat untuk penjaminan mutu (quality assurance).
- Pemahaman tentang ’kualitas’ harus benar. “The objective of education is learning”. Waspadai dan hindari jebakan indikator-indikator mimicry (imitasi) yang berakibat “schooling without learning”.
- Kesalahan memaknai kualitas akan berdampak kesalahan arah dalam pengembangan satuan pendidikan.
- Akreditasi bukan penghakiman, melainkan ’general check up’ gratis yg disediakan oleh Pemerintah Pusat.
- Sangat penting bagi satuan pendidikan, pemerintah daerah dan Kemenag (sebagai pemegang kewenangan implementasi NSPK) menindaklanjuti hasil akreditasi untuk perbaikan kualitas.
- Akreditasi bukan pertandingan antar satuan pendidikan. Akreditasi adalah pertandingan dengan dirinya sendiri dari waktu ke waktu. Pemenangnya adalah satuan pendidikan yang “mengalahkan” masa lalunya.
NO |
MATERI |
UNDUHAN |
A. Materi Daring |
||
1. |
Materi Pengantar - Akreditasi 2024 |
|
2. |
Iklim Linkungan Belajar |
|
3. |
Kepemimpinan Kepala Sekolah |
|
4. |
Peran Pendidik |
|
5. |
Proses Pembelajaran |
|
B. Materi Luring |
||
1. |
Kebijakan dan Mekanisme BAN PDM |
|
2. |
Penegakan Norma dan Kode Etik untuk Menjaga Integritas Asesor |
|
3. |
Pengantar proses dan panduan teknis tahapan pelaksanaan akreditasi |
|
4. |
Penggunaan SISPENA |
|
5. |
Simulasi proses akreditasi |
|
6. |
Praktik Penggunaan SISPENA |
|
7. |
Hasil Pengamatan dan Tanggapan dari Proses Simulasi Akreditasi |
|
8. |
Standar Materi Kompetensi |
|
9. |
Panduan Penggalian Data |
|
10. |
Pelatihan Calon Pelatih Asesor |
|
11. |
Desain Pelatihan Asesor di Provinsi |
|
12. |
Penyusunan Catatan dan Saran Hasil Visitasi |
|
C. Panduan |
||
1. |
Panduan Pelaksanaan Akreditasi Dikdasmen Tahun 2024 |
|
2. |
Panduan Akreditasi untuk Asesor - Instrumen Akreditasi Dasmen |
|
3. |
Panduan Pelatihan Asesor Tahun 2024 |
|
4. |
Panduan Akreditasi Satuan Pendidikan Dikdas & Dikmen Tahun 2024 |
|
D. Materi Sosialisasi Akreditasi Dasmen 2024 Untuk Sekolah/Madrasah |
||
1. |
Kebijakan BAN PDM untuk Sosialisasi Dasmen 2024 |
|
2. |
Panduan Proses Akreditasi untuk Sosialisasi Dasmen 2024 |
|
3. |
Panduan Akreditasi untuk Asesor - Instrumen Akreditasi Dasmen |
|
4. |
Panduan Teknis Aplikasi Sispena-PDM untuk Asesi 2024 |
|
5. |
Panduan Akreditasi Dikdasmen Tahun 2024 |
|
6. |
Panduan Umum Pelaksanaan Akreditasi Dikdasmen Tahun 2024 |
|
7 |
Format Surat Ajuan Re_Akreditasi Tahun 2024 |
|
8 |
BUKTI FISIK AKREDITASI 2024 |
Post a Comment for "MATERI PENTING SOSIALISASI AKREDITASI DAN KUMPULAN MATERI PELATIHAN AKREDITASI TAHUN 2024"
Terimakasih. saran dan kritik. salam LED Sulbar
Post a Comment