Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akhir Januari 2024, UPTD SMAN 3 Majene Telah Launching Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik (TTE)



    ledsulbar, (03 April 2024) - Kepala Disdikbud Sulbar, Dr. Mitthar Thala Ali, menjelaskan bahwa pihaknya telah menggelar rapat virtual (01 April 2024) dengan para kepala sekolah untuk mensosialisasikan arahan Pj. Gubernur terkait TTE.

    kembali momen kegiatan di Mamuju Setelah pertemuan Tanggal 18 januari 2024 (SMKN 1 Rangas) di Mamuju terkait Membangun Frekuensi yang Sama dan Cipta Kondisi Kreatif dengan melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi "Srikandi" untuk penerapan Tanda Tangan Elektronik disingkat TTE Program ini, merupakan bentuk komitmen yang smart, dan amanah dari Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH. MH. Hal ini urgen untuk segera dilakukan dalam rangka akselerasi akses pelayanan publik oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat, termasuk pelayanan para Kepala Sekolah di setiap satuan pendidikan. Dan dilanjutkan Worskhop pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik di Aula SMKN 2 Majene yang di fasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan daerah, dan membawakan materi tersebut dari Dinas Kominfo dan Dinas Perpustakaan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Barat untuk memaksimalkan penerapan TTE sekolah sekolah di Kabupaten Majene.

    maka sesuai instruksi UPTD SMAN 3 Majene telah menerapkan dan melaunching Penggunaan Tanda tangan Elektronik (TTE) di akhir Bulan januari, dengan pantauan saat ini aplikasi Srikandi versi 2 terdapat surat naskah keluar sudah 45 kali dan versi saat ini (versi 3) sudah mengeluarkan surat naskah keluar sebanyak 26 kali. kepala Sekolah menuturkan bahwa, dan serta mengeluarkan berbagai bentuk surat mulai rekomendasi, surat keterangan, surat tugas dan lain lain sesuai surat yang masuk". Aplikasi TTE ini, melibatkan tim yang terdiri dari Wakasek serta staf untuk berkolaborasi dan berkomitmen serta sinergi untuk memudahkan proses kemudahan administrasi secara digital. 

    Statistik penggunaan TTE Periode Januari - Maret

    Srikandi Versi 2




    Srikandi Versi 3

    Adapun 7 keuntungan menggunakan tanda tangan elektronik

    1. Tingkat Keamanan
    Benefit TTE yang pertama adalah dari segi keamanan, terutama jika Anda membandingkannya dengan tanda tangan basah. TTE tak bisa dipalsukan. Anda pun dapat mengetahui dengan mudah keaslian dari sebuah tanda tangan elektronik.

    2. Kemudahan dalam Pemakaian
    Selanjutnya, Anda dapat pula merasakan manfaat TTE terkait cara pemakaiannya. Anda dapat melakukan tanda tangan dari mana saja dan kapan saja, menggunakan komputer, smartphone, maupun tablet.

    3. Kemudahan Verifikasi
    Ada pula manfaat TTE yang memberi kemudahan dalam mengecek keaslian tanda tangan. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan software yang banyak terinstal di komputer, seperti Microsoft Word atau Adobe PDF Reader.

    4. Sistem Penyimpanan yang Praktis
    TTE mendorong Anda untuk menerapkan sistem paperless. Berkat sistem ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan menggunakan tanda tangan elektronik berkaitan dengan proses penyimpanan dokumen. Semua dokumen dapat Anda simpan dalam bentuk digital yang praktis.

    5. Mendukung Kolaborasi
    Pemakaian TTE dapat pula memberi manfaat berupa kemudahan dalam melakukan kolaborasi. Manfaat ini sangat penting, karena membuat proses pembuatan dokumen jadi lebih praktis dan cepat tanpa perlu berulang kali revisi.

    6. Workflow yang Lancar
    Pemakaian TTE dan dokumen digital membuat workflow semakin lancar. Anda dapat membuka, menandatangani, ataupun mengirimkan dokumen dengan mudah. Tak perlu surat, cukup dikirimkan secara digital.

    7. Hemat Anggaran
    Terakhir, Anda akan memperoleh benefit TTE berkaitan dengan anggaran. Sistem paperless membuat Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian kertas dan tinta yang nilainya bisa cukup besar.


    "Jadi itu salah satu manfaat penting juga dari Tanda Tangan Elektronik, kedepannya dimanapun, kapanpun seorang Kepala Dinas, Kepala Daerah, Sekda, Wakil Wali Kota, Kepala Sekolah dll bisa memberikan persetujuan terhadap sebuah surat, menandatangani surat secara elektronik.

    Related Posts

    Post a Comment for "Akhir Januari 2024, UPTD SMAN 3 Majene Telah Launching Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik (TTE)"