Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Sukses Duta Rumah Belajar Novianti Mien Laya (Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020)

    Halo pembaca Novimien Blog ketemu lagi dengan saya, Novi. Bagaimana keadaan kalian? Semoga semua dalam keadaan yang sehat ya…😊

    Nah, saat ini saya mau share bagaimana perjuangan saya mengikuti kegiatan PembaTIK sampai akhirnya terpilih menjadi Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020. Saya juga akan memberikan tips dan trik bagi kalian untuk bisa mengejar impian kalian lewat pengalaman yang saya dapatkan.

    “Setiap orang punya kesempatan untuk sukses. Tapi tidak semua orang punya semangat dan tindakan untuk mewujudkannya” – Novianti Mien Laya

    Awal Desember 2020

    Tepatnya tanggal 02 Desember pukul 16.30 Wita saya dikejutkan dengan pesan yang dikirimkan lewat Whatsapp yang dikirimkan oleh salah seorang DRB Sulut tahun 2019; “Selamat bergabung”. Karena dalam kondisi baru bangun tidur, saya pun merasa bahwa beliau salah mengirimkan pesan , sehingga waktu itu sama sekali tidak terpikirkan bahwa pengumuman untuk Duta Rumah Belajar sudah ada. Tak lama berselang saya melihat beberapa pemberitahuan di Whatsapp grup yang mengucapkan selamat kepada saya karena telah terpilih sebagai Duta Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020. 

    Tanggapan saya saat itu langsung nangis…karena memang hal ini diluar dugaan saya. Ketika sampai tahap seleksi 5 besar pun saya sudah sangat bersyukur. Yang ada dipikiran saya waktu itu adalah, tanggung jawab kedepannya yang harus saya laksanakan. Sempat selama beberapa minggu setelah pengumuman saya tidak bisa tidur dengan nyenyak karena banyak hal yang saya pikirkan, bahkan rencana - rencana kegiatan selama melaksanakan tugas. Tapi akhirnya satu hal yang saya sadari bahwa, setiap tanggung jawab punya caranya masing – masing. Jalani dan lakukan yang terbaik semampu kita maka apapun hasilnya dan apapun reaksinya, kita sudah berjuang dengan maksimal.

    Berbicara tentang cita – cita, impian dan tujuan hidup memang bukan perkara yang mudah, belum lagi untuk menjalani dan mewujudkannya. Itu akan menjadi perkara yang lebih sulit lagi. Tapi semua ini bisa tercapai kalau kita punya semangat untuk maju dan bertindak untuk mewujudkannya. Orang bisa saja dengan gampang mengatakan seperti ini, “saya bisa saja ikut kegiatan itu, tapi malas saja. Lagi banyak kegiatan lain”. Tidak salah juga jika banyak yang tidak tertarik untuk mengembangkan diri, karena itu adalah hak mutlak masing – masing orang. Tapi untuk seorang guru saya merasa perlu untuk mengembangkan potensi saya, kemampuan saya karena niscayanya belajar itu seumur hidup.

    Pengalaman saya selama mengikuti kegiatan PembaTIK sampai akhirnya bisa terpilih menjadi Duta Rumah Belajar merupakan pengalaman hidup yang luar biasa. Mulai dari sosialisasi ke sekolah – sekolah yang kecil, penugasan yang luar biasa padat, proses seleksi yang panjang dan ketat sampai masalah dukungan dan juga tantangan dihadapi itu membuat saya belajar berserah sama Tuhan. Dan kalaupun bisa dapat gelar ini bukan untuk sombong – sombongan tapi ini adalah tahap baru bagi saya untuk berbagi ilmu lebih luas lagi dan membuat inovasi – inovasi yang berguna bagi pendidikan.

    Nah, dalam tulisan kali ini, saya akan share beberapa strategi saya untuk mengejar impian saya. Oke deh, kita langsung mulai saja yuk pembahasannya!

    1. Minta Tuntunan Tuhan

    Ini merupakan hal yang paling penting ketika akan melakukan segala sesuatu. Apakah itu cita – cita, impian maupun tujuan hidup kita haruslah kita serahkan kepada Tuhan dan biarkan Tuhan yang menuntun kita. Bisa saja hal yang menurut kita baik, tetapi belum tentu baik bagi Tuhan. Doakan yang kita kerjakan, kerjakan yang kita doakan.

    2. Bangun Tujuan dengan CERDAS!

    Apakah tujuan kamu jangka panjang atau jangka pendek, jadilah orang yang ‘cerdas’ dalam menentukan apa yang tujuan kamu, dan apa yang perlu kamu pikirkan terkait hal itu. Tujuan yang cerdas itu menurut saya yaitu :
    • Spesifik
    Jangan membuat tujuan yang terlalu umum. Kamu harus mendefinisikannya lebih spesifik lagi dan tak perlu ribet. Tujuan kamu bisa dimulai dari hal yang sederhana dan pastikan kamu mampu untuk mewujudkannya.
    • Terukur
    Buatlah tujuan – tujuan yang dapat terukur dan punya indikator yang jelas, misalnya : ‘saya ikut PembaTIK harus bisa capai tahap 5 besar’. Dengan membuat tujuan kamu terukur dan punya indikator, maka kamu akan lebih mudah bisa mengevaluasi sudah sejauh mana kamu mencapai tujuan tersebut.
    • Tindakan
    Ketika kamu sudah membuat tujuan secara spesifik, terukur dan punya indikator maka langkah selanjutnya adalah pastikan bahwa tujuan tersebut dapat kamu lakukan dengan langkah – langkah yang jelas dalam bentuk aktivitas yang seperti apa. Ini merupakan elemen yang sangat penting namun paling sering diabaikan. Karena banyak orang sudah punya tujuan yang jelas tapi actionnya yang gak jalan. Tentunya kamu perlu menambah wawasan, banyak berlatih dan berinovasi agar tindakan kamu memang terlihat dengan nyata
    • Waktu
    Pengaturan waktu yang tepat merupakan elemen terakhir dari cerdas. Kamu harus bisa mengatur waktu antara setiap aktivitas dan tujuan kamu. Kamu harus tahu kapan kamu akan mulai dan kapan harus berhenti. Ini juga merupakan elemen yang penting karena kalau pengaturan waktu kita gak bagus maka tanggung jawab yang lain pasti akan terbengkalai.

    3. Fokus pada tujuan

    Salah satu faktor yang paling sering buat kita gagal adalah karena kita kurang konsisten dan komitmen dengan tujuan yang sudah kita buat. Makanya ketika ada sedikit gangguan langsung berubah arah. Fokus pada tujuan membuat kita bisa lebih maksimal dalam mewujudkan apa yang kita cita – citakan. Terlalu banyak mengambil tanggung jawab pun membuat kita kehilangan fokus dan hasil kerja kita pun kurang maksimal.

    4. Tanggapi kegagalan dengan bijak

    Setiap orang pasti mengalami yang namanya 'KEGAGALAN'. Saya pun berkali – kali gagal dalam beberapa kegiatan yang saya ikuti. Rasa kecewa pun menjadi teman yang paling dekat dengan kegagalan. Dan biasanya orang ketika gagal tidak punya lagi semangat atau kemauan untuk maju. Padahal belajar dari kegagalan itu sangat baik. Kita jadi lebih tahu dimana kekurangan kita, belajar untuk lebih fokus lagi dan lebih bisa berlapang dada menghadapi kehidupan. Dibalik kegagalan yang kita alami pasti ada kesuksesan yang manis yang sedang menanti kita.Sekian sharing dari saya, semoga apa yang saya bagikan ini sedikit membantu kalian semua dalam mengejar impian dan tujuan hidup kalian. Kalau ada yang mau ngobrol – ngrobrol dengan saya bisa tinggalkan komentar di tulisan ini ya…

    Sumber  : Penulis Kisah Sukses Novianti Mien Laya - DRB 2020 - Prov. Sulawesi Utara



    Related Posts

    Post a Comment for "Tips dan Trik Sukses Duta Rumah Belajar Novianti Mien Laya (Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020)"