Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sukses Sosialisasi Portal Rumah Belajar Include Akun Belajar.id

    Tips Sukses Sosialisasi Portal Rumah Belajar Include Akun Belajar.id

    Tips Sukses Sosialisasi Portal Rumah Belajar Include Akun Belajar.id

    Halo Sahabat Rumah Belajar Indonesia! Tetap semangat dalam berbagi dan berkolaborasi!!!

    Kali ini akan berbagi pengalaman dalam pelaksanaan Sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Pemanfaatan Akun Belajar.id sebagai salah satu tugas wajib bagi para peserta pembaTIK level 4 (level berbagi dan berkolaborasi). Adapun sosialisasi dapat dilakukan secara luring dan daring dengan ketentuan peserta minimal 25 orang untuk luring dan 50 orang untuk daring

    ✔ Tips 1. Siapkan Administrasi.

    Sebagai Sahabat Rumah Belajar yang terpilih peserta pembaTIK level 4 harus menyiapkan administrasi sebelum melakukan sosialisasi, diantaranya:

    1. Surat Pengantar Sosialisasi Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran melalui portal Rumah Belajar dari Pusdatin Kemdikbudristek. (Salinan Surat Pengantar Sosialisasi)
    2. Surat izin/pemberitahuan sosialisasi kepada Dinas/Organisasi Profesi terkait (apabila kegiatan direncanakan melibatkan pihak lain).
    3. Surat izin peminjaman gedung dan seperangkat peralatan sosialisasi (proyektor, microphone, speaker, dan sebagainya) apabila kegiatan dilakukan secara luring.
    4. Siapkan daftar hadir peserta (berbentuk print out bila luring dan google forms bila daring). (Contoh Daftar Hadir Sosialisasi)
    5. Pastikan kegiatan sosialisasi didokumentasikan (berbentuk foto/video bila luring dan video record bila daring).

    ✔ Tips 2. Siapkan Materi Sosialisasi.

    Bagi yang sudah terbiasa menjadi narasumber atau pemateri. Menyiapkan materi presentasi bukanlah hal yang meresahkan. Sahabat! Susunlah materi presentasi sesederhana mungkin  Tentukan benang merahnya. Akan lebih baik bila presentasi banyak diwarnai dengan tanya jawab atau interaksi antar peserta dan pemateri. 

    Untuk kalian yang ingin melaksanakan sosialisasi secara daring, pastikan kalian sudah memahami fitur-fitur dan setting (pengaturan) pada aplikasi yang akan kalian gunakan, misalnya zoom meeting, google meeting, teams meeting dan sebagainya. Lakukan ujicoba sebelum terbang (sosialisasi).

    Pastikan juga bahwa kita sudah memahami aplikasi Rumah Belajar yang akan kita sosialisasikan, apabila kita ingin membahas akun Belajar.id, pastikan bahwa akun Belajar.id kita telah aktif dan kita gunakan. 

    ✔ Tips 3. Siapkan Fisik dan Mental.

    Pelajari lagi poin-poin slide presentasi. Buat catatan tentang hal-hal yang mungkin ditanyakan peserta. Disarankan untuk bertanya kepada rekan-rekan Sahabat Rumah Belajar terkait pengalaman sosialisasi dan sebaiknya berkonsultasi dengan para Duta Rumah Belajar terkait persiapan kita. Menjelang hari pelaksanaan, istirahatlah yang cukup. Tidak perlu gugup karena disini kita hanya berbagi BUKAN mengajari.

    ✔ Tips 4. Apresiasi.

    Untuk mengukur pemahaman peserta sosialisasi disarankan untuk membuat kuis. Pertanyaannya diambil dari materi yang disampaikan oleh sahabat rumah belajar. Bila berkenan siapkan apresiasi atas capaian peserta sosialisasi. Tak perlu hadiah yang bernilai tinggi, karena tujuan mulianya adalah menghargai bukan unjuk gigi. Beberapa rekomendasi aplikasi kuis yang dapat digunakan adalah Kahoot, Quizizz, Slido, Padlet dan sebagainya.


    ✔ Tips 5. Design Flyer

    silahkan klik cara buat flyer sosialisasi   

    Yuk mengexplore canva

    • Bikin logo di canva
    • Peta pikiran atau mindmap di canva
    • Membuat sertifikat di canva
    • Virtual background zoom melalui canva
    • Buku kenangan dan infografis di canva
    • Membuat CV di canva
    • Membuat header google classroom melalui canva
    • Pemanfaatan media padlet terintegrasi rumah belajar

    Semoga bermanfaat

    Terakhir yang tidak kalah penting adalah jangan lupa sampaikan terima kasih kepada Pimpinan Instansi / Unit Kerja atas izin yang diberi dan kepada para peserta sosialisasi karena telah sudi meluangkan waktu mengikuti acara ini.

    sumber informasi: motiSAFI




    Related Posts

    Post a Comment for "Tips Sukses Sosialisasi Portal Rumah Belajar Include Akun Belajar.id"