Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Glosarium: Daftar Istilah Blog Web Website

    #ledsulbar

    Berikut istilah-istilah dan kata-kata populer dan trending topik dalam dunia web atau blog yang perlu Anda ketahui.

    istilah-istilah dan kata-kata populer dan trending topik dalam dunia web atau blog yang perlu Anda ketahui.

    A

    Alternative text/tag
    Ini memiliki banyak nama-nama umum dan semua berarti hal yang sama. Ini harus digunakan dalam HTML sebagai image alt tag teks atau jika menggunakan CMS diterapkan dalam bidang terkait dengan gambar untuk tujuan menggambarkan gambar. Tag alt sangat membantu mesin pencari untuk meng-crawl gambar. Alt teks adalah kata dari kalimat yang menguraikan gambar di web.

    Anchor text
    Digunakan untuk beberapa teks pada halaman web. Ketika pengguna melihat halaman web di browser, mereka dapat mengklik teks untuk mengaktifkan tautan sehingga berpindah ke halaman yang dituju dalam tautan tersebut. Contoh: Mulai Blog (Perhatikan teks "Mulai Blog" di dalamnya terdapat tautan yang mengarah ke halaman http://www.yusabdul.com/p/mulai-blog.html.

    Article
    Entri blog yang sering digunakan sebagai sinonim dari salah satu tulisan di blog.

    Atom
    Sebuah format umpan populer yang dikembangkan sebagai alternatif RSS.

    Autocasting
    Bentuk otomatis Podcasting yang memungkinkan seorang narablog dan pembaca blog menghasilkan versi audio blog teks dari RSS feed.

    Audioblog
    Sebuah blog dimana yang konten utamanya adalah rekaman suara yang dikirim melalui telepon seluler, kadang-kadang dengan beberapa pesan teks singkat ditambahkan untuk tujuan metadata. (lihat podcasting)

    Author
    Nama yang terkait dengan orang yang menulis tulisan blog.

    Avatar
    Avatar adalah foto, grafik, atau gambar yang mewakili penulis di blog dan situs jejaring sosial lainnya. Hal ini tidak memerlukan atau digunakan oleh semua, dan kadang-kadang ditampilkan dalam profil atau bagian komentar.

    B

    Blawg
    Sebuah blog hukum.

    Bleg
    Entri dalam blog meminta informasi atau sumbangan.

    Blog Carnival
    Sebuah artikel blog yang berisi link ke artikel lainnya yang mencakup topik tertentu. Kebanyakan karnaval blog yang di-host oleh daftar berputar sering kontributor ke karnaval, dan melayani baik menghasilkan tulisan baru melalui kontributor dan menyoroti blogger baru postingan materi dalam mata pelajaran.

    Blog client
    Perangkat lunak untuk mengelola (post, edit) blog dari sistem operasi tanpa perlu meluncurkan web browser. Seorang klien blog khas memiliki editor, mantra-checker dan beberapa pilihan yang mempermudah pembuatan konten dan editing.

    Blog layanan penerbitan
    Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat blog. Beberapa yang paling populer adalah WordPress, Blogger, TypePad, Movable Type dan Joomla.

    Blogger
    (1) Orang yang menjalankan sebuah blog. Jarang: weblogger. Dalam bahasa Indonesia disebut narablog.

    (2) Blogger.com: layanan hosting blog gratis dari Google.

    Blogirl
    Seorang blogger perempuan

    Bloggernacle
    Blog yang ditulis oleh dan untuk Mormon (portmanteau dari "blog" dan "Tabernakel"). Umumnya mengacu pada blogger Mormon yang setia dan kadang-kadang mengacu pada pengelompokan tertentu blogger Mormon yang setia.

    Bloggies
    Salah satu penghargaan blog paling populer.

    Blogroll
    Daftar blog lain yang seorang blogger mungkin merekomendasikan dengan memberikan link ke mereka (biasanya dalam daftar sidebar).

    Blogosphere
    Komunitas blogging.

    Blogodynamic
    Dinamis dengan genre dan tampilan blog

    Blogware
    Sebuah kategori software yang terdiri dari bentuk khusus dari Content Management System yang khusus dirancang untuk menciptakan dan memelihara weblog.

    The BOBs
    Penghargaan blog internasional.

    C

    Catblogging
    Praktek posting gambar, postur khas, dan ekspresi kucing di blog.

    CMS atau platform
    Ini adalah singkatan dari sistem manajemen konten. Ini adalah program perangkat lunak yang memungkinkan kamu menambahkan konten ke situs web lebih mudah. Hubspot misalnya memiliki CMS di mana kamu dapat mengelola halaman situs web, halaman arahan, dan blog.

    Collaborative blog
    Sebuah blog (biasanya terfokus pada isu tunggal atau garis politik) yang beberapa pengguna menikmati postingan izin. Juga dikenal sebagai blog kelompok.

    Comment spam
    Seperti e-mail spam. Robot "spambots" banjir blog dengan iklan dalam bentuk komentar palsu. Masalah serius yang memerlukan blogger dan platform blog untuk memiliki alat untuk mengecualikan beberapa pengguna atau melarang beberapa alamat dalam komentar.

    CSS atau Stylesheet
    Ini adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Ditulis dalam HTML ini biasanya digunakan untuk halaman web bergerak/berefek. Pilihan styling termasuk halaman layout, warna, dan font yang biasanya diatur untuk membantu mengendalikan kekompakan dan terlihat profesional secara keseluruhan

    D

    Desktop Blogging Client
    Manajemen off-line blog (posting, editing dan pengarsipan) alat

    Directory
    Sebuah direktori blog adalah sebuah situs web yang berisi daftar blog, biasanya peringkat mereka dengan popularitas mereka dan memerintahkan mereka dengan subjek atau kategori. Ini adalah ide yang baik untuk menambahkan blogmu ke direktori untuk membantu menghasilkan lalu lintas yang lebih relevan, terutama ketika kamu pertama kali memulai.

    Dofollow
    Tautan Dofollow memungkinkan semua mesin pencari, termasuk Google, Yahoo, Bing, dan lainnya, untuk mengikuti dan meraih sebuah stus web. Dofollow adalah antonim dari nofollow.

    F

    Favicon
    Grafis kecil, biasanya logo atau representasi lain sebuah situs web yang muncul di address bar browser, favorit atau daftar bookmark. Dalam HTML itu dirujuk sebagai berikut rel = "icon shortcut", dan harus disimpan atau diunggah sebagai favicon.ico

    Fisking
    Untuk membantah entri blog dalam satu baris demi baris mode.

    Flog
    Sebuah portmanteau dari "palsu" dan "blog". Sebuah blog yang ghostwritten oleh seseorang, seperti di departemen pemasaran.
    Sebuah blog makanan; kadang-kadang, sebuah blog yang didedikasikan untuk makanan porno.

    Feed
    Ini adalah feed berita digunakan untuk menyediakan pengguna dengan konten yang sering diperbarui. Distributor konten sindikat feed web, sehingga memungkinkan pengguna untuk berlangganan di RSS reader atau melalui surel.

    Footer
    Secara umum, footer adalah bagian di bawah dokumen sebuah web yang mengandung data-data maupun tautan ke halaman lain. Beberapa contoh informasi di bagian footer antara lain, nomor halaman, tanggal pembuatan, hak cipta, referenmsi, yang dapat diatur sesuai keinginan pemilik web.

    H

    Header
    Bagian 'kepala' blog, muncul sebelum halaman atau posting dan biasanya terletak di paling atas. Di dalam header biasanya sudah termasuk logo, slogan, dan menu navigasi, yang dimaksudkan untuk mengatur nada atau tema blog.

    Health blog
    Sebuah blog yang mencakup topik-topik kesehatan, peristiwa dan / atau konten terkait dari industri kesehatan dan community.In umum singkat setiap hal yang berkaitan dengan kesehatan.

    How-to blog
    Sebuah blog yang mencakup topik seperti pembuatan blog, kustomisasi dan promotion.Other topik yang termasuk dalam kategori ini adalah Tut Blog, Handphone Tutorial.

    Hyperlink
    Dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai tautan. Digunakan secara sinonim dengan kata "link", yaitu konten yang dapat diklik dalam halaman web yang membawa pengguna ke halaman lain, website, atau dalam bagian dari halaman yang sama. Teks yang terdiri dari hyperlink disebut sebagai "anchor text".

    HTML
    Singkatan dari Hypertext Markup Language, bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. Kebanyakan elemen HTML ditulis dengan tag html awal dan tag akhir, dengan isi di antara keduanya. Ini mengikuti pohon seperti struktur di mana elemen umum termasuk

    J

    J-blog
    Sebuah blog jurnalis.
    Sebuah blog dengan fokus Yahudi (Jew).

    L

    Legal blog
    List blog
    Sebuah blog yang terdiri hanya dari posting daftar atau deretan hal-hal tertentu.

    Litblog
    Sebuah blog yang berfokus terutama pada topik sastra.
    Meta Description, Meta Keywords, Meta Tag, dan Meta Title.

    M

    Multiblog
    Sebuah blog dibangun sebagai percakapan antara lebih dari dua orang

    N

    Nofollow
    Sebuah atribut tautan yang mencegah tautan dijelajahi oleh mesin pencari. Akibatnya tidak ada nilai SEO dilewatkan dari satu halaman ke halaman lain.

    P

    Permalink
    Singkatan dari permanent link. URL unik dari sebuah posting. Gunakan ini ketika Anda ingin menautkan halaman posting ke suatu tempat.

    Phlog
    Jenis blog memanfaatkan protokol Gopher bukan HTTP
    A Photoblog. Sebuah portmanteau dari "foto" dan "blog".

    Photoblog
    Sebuah blog yang sebagian besar berisi foto, diposting terus-menerus dan kronologis.

    Pingback
    Peringatan dalam sistem Trackback yang memberitahukan pembuatnya dari posting blog ketika orang lain menulis entri tentang posting asli.

    Podcasting
    Kontraksi "iPod" dan "broadcasting" (tetapi tidak untuk iPod saja). Posting materi audio dan video di blog dan RSS feed, untuk pemain digital.

    Post
    Entri ditulis dan dipublikasikan ke blog.

    Posting Slug
    Untuk blog dengan URL bahasa umum, pos slug adalah bagian dari URL yang mewakili pos. Contoh: https://www.ledsulbar.id/2021/07/glosarium-daftar-istilah-dalam-blog-web.html

    R

    Redirect
    Digunakan untuk menentukan URL alternatif dan untuk mengarahkan pengguna (atau mesin pencari) ke lokasi yang berbeda. Redirect yang paling umum digunakan adalah 301 redirect permanen, yang diterapkan ketika Anda mengubah URL halaman. Untuk memastikan bahwa orang-orang yang telah berhubungan dengan atau bookmarked yang berusia halaman / URL, bisa masih bisa diperbarui halaman / URL.

    RSS
    Really Simple Syndication adalah keluarga format feed web yang digunakan untuk mempublikasikan konten yang sering diperbarui seperti blog entries, berita utama atau podcast.
    RSS aggregator
    Software atau layanan online yang memungkinkan blogger untuk membaca RSS feed, terutama posting terbaru di blog favorit mereka. Juga disebut pembaca, atau feedreader.

    RSS feed
    File yang berisi pesan-pesan terbaru blog ini. Hal ini dibaca oleh RSS aggregator / reader dan menunjukkan sekaligus ketika sebuah blog telah diperbarui. Ini mungkin hanya berisi judul posting, judul ditambah beberapa baris pertama dari posting, atau seluruh posting.

    S

    Search engine friendly URLs
    Kepanjangan dari URL SEF, diimplementasikan dengan mesin Rewrite.

    SEO (Search Engin Optimization)
    SEO merupakan teknik yang diterapkan untuk mengoptimalkan posisi sebuah web di mesin pencari sehingga lebih ramai dikunjungi.

    Sitemap
    Sebuah direktori umum atau indeks macam untuk membantu pengguna dengan mudah mengakses halaman suatu situs web. Pada dasarnya ini adalah halaman situs tempat Anda memberitahu pengguna yang mana halaman utama situs web dengan mendaftarkannya di format garis besar dan kemudian menghubungkan ke halaman-halaman internal. Hal ini membuat konten situsmu lebih mudah untuk diakses oleh pengguna termasuk mesin pencari.

    Social Media Sharing
    Memberikan orang kesempatan untuk berbagi konten. Banyak platform yang telah menyediakannya atau setidaknya tersedia sebagai add-on. Ada juga alat-alat seperti sharethis.com atau addthis.com yang membuat berbagi konten yang mudah.

    Spam blog
    Sebuah blog yang terdiri dari spam. Sebuah Spam blog biasanya tidak punya nilai literasi yang baik karena hanya memiliki tujuan tertentu yang negatif.

    Slashdot effect
    Efek Slashdot dapat menekan blog atau website lain, dan disebabkan oleh situs utama (biasanya Slashdot, tetapi juga Digg, Metafilter, Boing Boing, Instapundit dan lain-lain) mengirimkan sejumlah besar lalu lintas sementara yang sering memperlambat server.

    Subscribe
    Istilah yang digunakan ketika umpan blog ditambahkan ke pembaca seperti Bloglines atau Google. Beberapa platform blogging memiliki langganan internal ini memungkinkan pembaca untuk menerima pemberitahuan melalui surel bila ada pesan baru di blog.

    T

    Tag
    Tag adalah penanda topik dalam sebuah posting blog.

    Template
    Template, digunakan pada "back end" dari blog yang bekerja sama untuk menangani informasi dan menyajikannya di blog.

    Theme
    Kode berbasis CSS bahwa ketika diterapkan pada template akan menghasilkan perubahan elemen visual untuk blog. Tema, secara keseluruhan, juga disebut sebagai desain blog.

    Title
    Judul blog, biasanya menggunakan tag H1 dalam pembentukannya.

    Trackback
    Sebuah sistem yang memungkinkan seorang narablog untuk melihat siapa yang telah melihat posting asli dan telah menulis entri lain tentang itu. Sistem ini bekerja dengan mengirimkan 'ping' antara blog, dan karena itu memberikan peringatan.

    U

    URL
    Singkatan dari Uniform Resource Locator. Pada dasarnya URL adalah alamat sepotong informasi yang dapat ditemukan di web berupa halaman, gambar, maupun dokumen.

    V

    Vlog
    Video blog; vlogger adalah seorang narablog video (misalnya seseorang yang mencatat dirinya mewawancarai orang-orang dari bidang tertentu).

    W

    Warblog
    Sebuah blog yang sebagian besar atau seluruhnya ditujukan untuk meliput peristiwa berita tentang perang yang sedang berlangsung.

    Weblog
    Sebutan lain dari blog.

    Widget atau Modul
    Area situs web yang unik dirancang untuk menonjol dan sering ditemukan di sidebar situs web (kiri atau kanan halaman). Dalam CMS ini adalah bagian mudah dipertukarkan yang sering menyediakan tautan, panggilan untuk tindakan atau sumber daya lainnya membantu.

    X

    .XML Sitemap
    Sebuah file yang dapat digunakan untuk mempublikasikan daftar tautan dari seluruh situs web. Hal ini mudah dibuat dan ada banyak alat bantu gratis di luar sana untuk membantu pengguna menghasilkan semacam ini berkas. Peta Situs tidak menjamin semua link akan dijelajahi, dan menjadi merangkak tidak menjamin pengindeksan. Namun, peta situs dapat menjadi faktor penting pengindeksan oleh mesin pencari.

    BACA JUGA 👉 DAFTAR ISTILAH MARKETING

    Related Posts

    Post a Comment for "Glosarium: Daftar Istilah Blog Web Website"