Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial Resmi Dimulai di Kab, Majene, Perkuat Kompetensi Guru di Era Digital

Majene. Led – Mitra Edukasi secara serentak khususnya wilayah kabupaten Majene. memulai kegiatan In Service Training 1 (IN-1) Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) pada Rabu, 16 Juli 2025. Pelatihan yang akan berlangsung selama lima hari hingga 20 Juli 2025 ini dilaksanakan 1 lokasi yaitu sekolah SD Negeri No.49 Inpres Pasanggrahan di Kabupaten Majene.
Kegiatan KKA ini merupakan program prioritas dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), sesuai dengan Surat Edaran No. 10 Tahun 2025 tentang Penggunaan Dana BOSKIN Kemajuan Terbaik. Pelatihan ini dirancang untuk membekali guru dengan dasar-dasar pemrograman (coding) dan pemahaman awal kecerdasan artifisial, guna mendukung transformasi digital dalam pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan era digital.
Sambutan dan Dukungan Penuh dari Berbagai Pihak
Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Langsung Bapak Kadispora Kab. Majene, secara langsung membuka kegiatan dan mengapresiasi pelatihan ini sebagai bekal penting bagi guru. Idham S, perwakilan Mitra Edukasi, menekankan komitmen peserta selama proses pelatihan IN1, OJT, dan IN2 yang akan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan.

Para Tim Admin panitia Dinas di masing-masing lokasi, menyampaikan laporan kegiatan yang menekankan pentingnya komitmen peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dari IN-1 hingga IN-2 yang akan berlangsung selama kurang lebih 3 bulan.
Bapak Sarmin (mewakili dinas dikpora) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini. Mereka sepakat bahwa KKA menjadi bekal esensial bagi guru dalam meningkatkan kompetensi dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih inovatif, relevan, serta mampu menjawab berbagai tantangan abad ke-21. Antusiasme Peserta dan Materi Pelatihan
Pelatihan ini diikuti oleh GURU guru dari berbagai jenjang Pendidikan khususnya jenjang SD:
Daftar Peserta Jenjang SD
No | Nama Peserta | Asal Sekolah |
1 | Hartati | SD 11 Baurung |
2 | Hartini S.Pd | Sd 17 kolehalang |
3 | Ramlah,S.Pd | SD 20 Somba |
4 | Kurniah | SD 45 Parassangan |
5 | NILAM SARI.A, S.Pd | SD NEGERI 13 KABIRAAN |
6 | Nurul Ade Novita E | SD Negeri 14 Baruga |
7 | Patmawati, S.Pd | SD Negeri 18 Deteng - deteng |
8 | Muh.Maskur,S.Pd.SD | SD Negeri 2 Kampung Baru |
9 | MUNAWIR, S.Pd | SD NEGERI 29 PURRAU |
10 | ASMIRA,S.Pd | Sd negeri 30 lembang |
11 | MARWAH | SD NEGERI 36 BARUGA |
12 | Nursan, S. Pd | SD Negeri 40 Inp. Pappota |
13 | SRI IRDAYANTI ,S.Pd | SD NEGERI 41 RANGAS |
14 | SATRINA | SD NEGERI NO 29 KALAUSU |
15 | Ihsan, S.PdI | SD Negeri No 7.Taukong |
16 | JUMRAH, S.Pd.,Gr | SD NEGERI NO. 28 INPRES LUAOR |
17 | HAMRA, S.Pd | SD NEGERI NO. 48 TULLU BULAN |
18 | NURILAH, S.Pd.Gr | SD Negeri No. 49 Pasanggrahan |
19 | AHMAD | SD NEGERI NO. 5 TAPPAGALUNG |
20 | AHMAD | SD NEGERI NO. 5 TAPPAGALUNG |
21 | SYARIFUDDIN, S.PdSD | SD NEGERI NO.44 INPRES LEBA-LEBA |
22 | SUDIANI, S.Pd.I | SDN 10 Palla Pallang |
23 | Muhammad Risal,S.Pd | SDN 11 KAREMA |
24 | Ibrahim, S. Pd | SDN 22 Soreang, Kecamatan Banggae |
25 | SARJANA, S.Pd.I | SDN 37 PUAWANG |
26 | Mu'min Nur, SPd | SDN 51 Galung Paara |
27 | IRHAM, S.Pd | SDN 9 BANUA |
28 | Sarifah,S.Pd | SDN Negeri 17 Camba |
29 | Rijza Yunita, S.Pd.,Gr | SDN No 18 Bababulo |
30 | Fitriah | SDN NO 4 Galung - Galung |
31 | Dirman Abdillah, S.Pd | SDN NO. 12 TIMBOGADING |
32 | NURUL AFIAH, S.Pd | SDN NO. 19 INPRES LUAOR |
33 | FITRIANI MAHMUD, S.Pd | SDN NO. 3 TINAMBUNG |
34 | Nita Dwintari, S.Pd.SD | SDN NO. 5 PANGALI-ALI |
35 | Saprina Sadai, S.Pd.SD | SDN No. 61 COPALA |
36 | NURHADI, S.Pd | SDN No.52 PARABAYA |
37 | MUH. YASRIL, S.Pd | SDN Nomor 24 Inpres Paku |
38 | Hasriati | Sdn.36 somba |
39 | FAHMI,S.Pd.I | SDN.NO.32 KAYUANGIN |
Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti setiap sesi pelatihan. Mereka akan menerima materi-materi praktis dan aplikatif terkait pemrograman dasar serta penerapannya dalam proses pembelajaran. Fasilitator yang kompeten mendampingi para peserta di setiap kelas untuk memastikan pemahaman optimal.
Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode IN-ON-IN, yang menekankan pendekatan berkelanjutan dan praktik langsung:
- IN-1 (40 JP): Kegiatan pembelajaran tatap muka di mana para guru mempelajari konsep dasar koding, pengenalan AI, serta strategi pengajaran digital yang disesuaikan dengan jenjang masing-masing.
- ON (120 JP): Tahap implementasi di sekolah. Guru menerapkan materi yang telah dipelajari langsung di kelas, didampingi oleh fasilitator, dan dipantau perkembangannya secara berkala.
- IN-2 (20 JP): Sesi refleksi dan penguatan. Guru saling berbagi pengalaman, mengevaluasi hasil praktik pembelajaran, dan merefleksikan proses yang telah dilalui untuk perbaikan ke depan.
Fasilitator dipandu langsung dari Mitra Edukasi (M. ILHAM dan HAPRI).
Diharapkan, pelatihan ini akan menjadi langkah awal yang kuat menuju literasi digital yang lebih mendalam di kalangan pendidik Kabupaten Majene, serta mendukung program yang menekankan pembelajaran kontekstual dan berbasis teknologi. Setelah sesi pembukaan, para peserta langsung memasuki kelas masing-masing untuk memulai kegiatan pembelajaran.
Post a Comment for "Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial Resmi Dimulai di Kab, Majene, Perkuat Kompetensi Guru di Era Digital"
Terimakasih. saran dan kritik. salam LED Sulbar
Post a Comment