Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

"Menjadi Guru Berkeadaban" by ANTHO (Inspiratif Kepala Sekolah jenjang SMP) Prov. Sulawesi Barat

    "Menjadi Guru Berkeadaban" by ANTHO

    Teori-teori tentang pembelajaran hari ini bisa kita peroleh dari berbagai sumber dan laman.

    Pun dengan program-program yang lahir dari pemangku jabatan telah melahirkan berbagai kegiatan, program terkait pembelajaran. Dari kesemua itu kesimpulan sederhananya sama yaitu: Pembelajaran terbaik adalah yang mampu mengakomodir kebutuhan belajar murid.

    Senjakala kita sering mendengar anekdot "jangan memaksa ikan untuk bisa memanjat".

    Tapi pada nyatanya tuntutan ketercapaian dan pemenuhan kurikulum seringkali mendorong kita sebagai pendidik untuk melakukan segalanya agar "tercapainya" KKM. Atau masalah lainnya adalah kita merasa apa yang dilakukan selama ini baik-baik saja, efisien dan tidak perlu mengupgrade ke hal baru. Jika kita menelisik lebih jauh lagi dan menempatkan posisi pembelajaran kita tujuan utamanya adalah murid-murid-murid.

    Perkembangan zaman dan era yang semakin berlari cepat harus kita kejar, syukur-syukur bisa kita berdampingan.

    Mengapa demikian? Karena Ciri-ciri atau kerekteristik pembelajaran yg berpihak pada murid antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif. Jika semua hal di atas terjadi di kelas-kelas maka kita tidak lagi berdebat dengan satu guru dengan lainnya terkait nilai si A,B,C, dan D.

    Untuk mengikuti zaman dan era yang berlari cepat ini, kita harus ikut berkeadaban dengan menjadi guru yang KOLABORATIF (memanfaatkan rekan sejawat, dan komunitas lainnya); ADAPTIF (harus mampu menyesuaikan pembelajaran yg relevan dgn kondisi kita saat ini); dan BERKARYA (berinovasi dan berkesinambungan, bukan hanya sekedar membuat, posting lalu selesai).

    Terimakasih untuk segala do'a dan dukungan dari keluarga, sahabat, Spentig Crew, rekan sejawat, Pengawas, Dinas Pendidikan dan seluruh elemen yang membantu hingga bisa mencapai titik ini.

    INI UNTUK KALIAN SEMUA 😊

    sumber: 

    Related Posts

    Post a Comment for " "Menjadi Guru Berkeadaban" by ANTHO (Inspiratif Kepala Sekolah jenjang SMP) Prov. Sulawesi Barat"