Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ASESMEN NASIONAL TIGA INSTRUMEN : AKM, SURVEI KARAKTER & SURVEI LINGKUNGAN

    ASESMEN NASIONAL TIGA INSTRUMEN : AKM, SURVEI KARAKTER & SURVEI LINGKUNGAN

    Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.
    Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.
    Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
    Asesmen Kompetensi Minimun (AKM), merupakan penilaian yang mengukur kemampuan dalam literasi membaca dan numerasi (menghitung) sebagai aspek penilaian kognitif.
    Survei Karakter, melakukan penilaian terhadap karakter, sikap, sampai nilai-nilai kebiasaan sebagai salah satu aspek belajar non-kognitif.
    Survei Lingkungan Belajar, merupakan penilaian terhadap iklim belajar dari siswa di seluruh Indonesia. Hal ini termasuk bagaimana interaksi yang terjadi antara pengajar dengan murid sampai situasi yang menunjang pembelajaran.

    ✅Sumber utama:

    Related Posts

    Post a Comment for "ASESMEN NASIONAL TIGA INSTRUMEN : AKM, SURVEI KARAKTER & SURVEI LINGKUNGAN"