Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KATA CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN I

    Linimasa pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak yang sudah disusun hingga tahun 2024 bukanlah angka‐angka belaka. Target sasaran terus ditingkatkan dalam rentang lima tahun (2020‐2024). Dari angkatan 1, 2, dan 3 diharapkan masing‐masing angkatan melahirkan 2.800 guru penggerak. Sasaran setiap angkatan 4, 5, dan 6 meningkat menjadi 8.000 guru penggerak. Angkatan 7, 8, dan 9, ditingkatkan lagi sasarannya 20.000 guru penggerak di setiap angkatan. Angkatan 10, 11, dan 12 diharapkan masing‐masing angkatan menyumbang 55.000 guru penggerak. Di angkatan 13, sebanyak 150.000 guru penggerak akan melengkapi linimasa 5 tahun pelaksanaan program guru penggerak. Total hingga tahun 2024, diharapkan lahir 405.000 guru penggerak.

    Guru penggerak lahir dari kawah candradimuka pendidikan yang menjadi tanggung jawab Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit. P3GTK). Setelah melalui pelatihan, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan, kelahiran guru penggerak menjadi momentum penting lahirnya para pemimpin pembelajaran (instructional leader).
    “Direktorat P3GTK telah mendesain ulang transformasi guru. Dari sisi kurikulum, semua pelatihan buat kepala sekolah, pengawas sekolah, pendidikan profesi guru merujuk pada kurikulum Pendidikan Guru Penggerak,” kata Dr. Praptono, M.Ed., Direktur P3GTK.
    Kehadiran guru penggerak diharapkan dapat menyelesaikan banyak persoalan pendidikan. Ketika anggaran untuk pendidikan dan pelatihan guru dan tenaga kependidikan (GTK) berkurang, atau sarana prasarana masih belum sesuai standar, guru penggerak menjadi solusi persoalan.
    “Harapan untuk menciptakan pendidikan yang baik dan berkualitas, ekosistem belajar yang aman dan nyaman, ada di guru penggerak,” kata Direktur Praptono.

    sumber Informasi Utama:


    Baca Juga : Hasil Talks Show

    Related Posts

    Post a Comment for "KATA CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN I"