Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator


    Multimedia Pembelajaran Interaktif
    Multimedia pembelajaran interaktif merupakan konvergensi media yang terdiri dari  berbagai unsur media yaitu teks, foto, video, audio, animasi, grafis/ilustrasi yang secara interaktif dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Komponen Multimedia Pembelajaran Interaktif memuat Judul, Sasaran, Tujuan Pembelajaran, Uraian Materi, Latihan / Tes, Referensi, Nama Pengembang

    Tutorial Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator
    1. Instalasi Smart Apps Creator
    2. Setup Aspec Rasio
    3. Membuat Section
    4. Mengganti Background Image
    5. Menyimpan Project SAC
    6. Memasukkan Teks 
    7. Memasukkan Gambar (Image)
    8. Memasukkan Tombol Navigasi (Button)
    9. Interaksi Switch Page
    10. Preview Mode Emulator
    11. Memasukkan Background Music 
    12. Memasukkan Audio Narator 
    13. Memasukkan Video Lokal 
    14. Memasukkan Video Youtube 
    15. Menganimasikan Object 
    16. Membuat Evaluasi 
    17. Build Up Apk 

    Aplikasi Smart Apps Creator 3 adalah sebuah aplikasi berbasis desktop yang dapat digunakan untuk membuat konten multimedia interaktif untuk perangkat seluler. Aplikasi ini memiliki fitur antar muka yang intuitif, namun dengan desain yang sederhana sehingga mudah digunakan. Selain untuk digunakan membuat aplikasi untuk perangkat seluler, hasil  akhir  aplikasi ini dapat juga untuk  membuat aplikasi dengan ekstensi HTML5 dan .exe sehingga dapat digunakan dan kompatibel untuk berbagai macam perangkat baik itu komputer ataupun laptop.

    Aplikasi Smart Apps Creator
    Smart Apps Creator (SAC) merupakan tool yang sangat powerful untuk membuat multimedia interaktif yang bisa dijalankan dibanyak sistem dan device seperti Smartphone Android dan IOS; Desktop/PC Window dan semua Web Browser HTML5.

    Beberapa keistimewaan aplikasi Smart Apps Creator adalah sebagai berikut:
    • Tidak memerlukan kemampuan programming, berbeda dengan tool programming. 
    • Dapat dikembangkan banyak lapisan dengan cepat, mudah dan tanpa programming. Sehingga siapa pun yang bukan latar belakang IT dapat mudah menggunakan.
    • Dapat mengintegtasikan berbagai layanan web lain dengan mudah, cepat dan tanpa programming, seperti Google Form, Youtube, Microsoft form, dan lain sebagainya.
    Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka seperti MS Office dan tidak memerlukan keahlian bahasa pemorgraman untuk menggunakannya. Setiap tingkatan pengguna, baik itu pemula, menengah atau yang sudah mahir sekalipun dapat menggunakan aplikasi ini untuk menghasilkan berbagai macam aplikasi yang diinginkan. Smart App Creator 3 ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran, aplikasi quiz, aplikasi wisata, aplikasi company profile, aplikasi branding daerah, dan lain-lain.
    Penggunaan aplikasi ini hanya menuntut kemampuan berfikir logis dalam mengunakannya, sehingga dapat digunakan untuk siswa-siswa dalam melatih logical thinking skill-nya dan tentunya sangat baik untuk diintegrasikan kedalam pembelajaran STEM.

    Instalasi Smart Apps Creator
    Untuk memulai menggunakan aplikasi Smart App Creator 3 anda dapat mengunduhnya melalui perintah http://www.smartappscreator.com/index.php?m=Wapps&a=sac_download


    Selanjutnya ekstrak file dan klik file “Smart Apps Creator” 
    Selanjutnya ikuti perintah instalasi seperti menginstall aplikasi lain hingga selesai.


    Proses Install












    Related Posts

    Post a Comment for "Tutorial Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator"