Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Penting Surat Edaran: Daftar Sekolah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. yang diakreditasi Tahun 2023

    Info Penting Surat Edaran:  Daftar Sekolah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. yang diakreditasi Tahun 2023

    Info Penting Daftar Sekolah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. yang diakreditasi Tahun 2023

    Pengertian Akreditasi Sekolah

    Menurut KBBI, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.
    Akreditasi merupakan proses penilaian atau evaluasi mutu suatu institusi oleh tim ahli (yang disebut asesor) yang berdasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan.
    Akreditasi dilakukan atas instruksi dari badan independen di luar institusi yang hasilnya berupa pengakuan terhadap suatu institusi telah memenuhi standar yang ditetapkan.
    Akreditasi dilakukan secara berkala dan berkesinambungan untuk menetukan apakah sebuah institusi layak beroperasi ataukah tidak.
    Maka dalam hal ini arti akreditasi sekolah adalah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan.

    Nilai Akreditasi Sekolah

    Dengan demikian, hasil dari proses akreditasi sekolah tersebut berupa pengakuan Terakreditasi atau Tidak Terakreditasi. Untuk sekolah yang Terakreditasi diklasifikasikan ke dalam 3 kategori, yaitu:
    1. Akreditasi A (Amat Baik) dengan rentang nilai 86 – 100
    2. Akreditasi B (Baik) dengan rentang nilai 71 – 85
    3. Akreditasi C (Cukup) dengan rentang nilai 56 – 70
    Sedangkan jika nilai akreditasinya kurang dari 56, artinya sekolah tersebut mendapat predikat Tidak Terakreditasi atau dengan kata lain tidak layak mendapatkan predikat Terakreditasi.

    Cara penghitungan nilai akreditasi akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

    Tujuan Akreditasi Sekolah

    Menurut keputusan Mendiknas nomor 087/U/2002, akreditasi sekolah bertujuan:
    • Memperoleh gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; serta
    • Menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan.

    Fungsi Akreditasi Sekolah

    Dengan penjabaran tujuan di atas maka hasil akreditasi tersebut berfungsi untuk :
    1. Memberi gambaran tingkat kenerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu (efektivitas, efisiensi, dan inovasi) pendidikan
    2. Memberi jaminan kepada publik bahwa sekolah yang telah terakreditasi dapat menyediakan layanan pendidikan sesuai standar yang ditetapkan
    3. Memberi layanan publik bahwa siswa akan mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik sesuai persyaratan standar nasional
    Nah, bagaimana dengan Nama-nama sekolah yang di akreditasi tahun ini? berdasarkan surat edaran dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Sulawesi Barat  dari tingkat SD sampai SMA baik dibawah nanungan Dinas Pendidikan maupun Kementerian agama, berikut ini edaran yang juga berisi tentang Nama-nama sekolah yang dimaksud :

    Surat Edaran

     

     SURAT EDARAN BUAT KAB. POLMAN

    Related Posts

    Post a Comment for " Info Penting Surat Edaran: Daftar Sekolah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. yang diakreditasi Tahun 2023"