Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022







    TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4

    Instruksi Penugasan
    Halloo Peserta Pembatik Tahun 2022, Selamat.. saat ini Sahabat Rumah Belajar sudah mempelajari seluruh materi Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi. Untuk menuntaskan aktivitas pembelajaran pada kelas daring ini, silakan Anda terapkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid (student center oriented) yang bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar (PMM), kemudian bagikan praktik baik yang sudah Anda lakukan melalui berbagai ruang tatap muka/maya, serta dokumentasikan melalui media sosial baik blog, maupun vlog (YouTube, TikTok, IG, FB).

    Ketentuan UMUMPeserta melakukan kegiatan tatap muka/maya, mendokumentasikan kegiatan melalui blog dan vlog.
    • Tuliskan tautan/link laman blog Anda di dalam jawaban tugas ini.
    • Sematkan semua link vlog yang sudah Anda buat ke dalam postingan blog tersebut.
    • Penilaian dilakukan terhadap tulisan yang diunggah melalui blog peserta secara komprehensif, yang memuat di dalamnya tautan vlog masing-masing kegiatan tatap muka/maya yang sudah dilakukan.
    • Untuk memudahkan Peserta dapat menuliskan deskripsi pelaksanaan setiap kegiatannya, tetapi penilaian dilakukan terhadap unggahan karya blog yang mendeskripsikan jalannya seluruh kegiatan yang sudah dilakukan.
    • Batas waktu pengumpulan tugas adalah pada hari terakhir kelas daring PembaTIK level 4.
    • Penilaian dilakukan terhadap karya blog berdasarkan aspek-aspek berikut: aspek kebermanfaatan, yaitu implementasi pemanfaatan platform dalam pembelajaran sesuai kebutuhan dan didiseminasikan dengan baik melaui kegiatan tatap muka/maya pada wilayah sekitar sekolah/kota/kab/provinsi.
    • aspek kreativitas dan inovasi, memuat variasi implementasi melalui ragam model pembelajaran dan pemanfaatan platform, serta jenis dan jumlah dokumentasi melalui berbagai kanal.
    • aspek teknis, memuat kejelasan maupun kemenarikan tampilan dan struktur isi media dokumentasi yang didistribusikan melalui blog & vlog.

    Ketentuan KHUSUS:

    1. Kegiatan Tatap Muka/ Maya 

    1. Berbagi praktik baik penerapan model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid (student center oriented) yang bersifat kolaboratif dengan memanfaatan Rumah Belajar dan PMM di daerah masing-masing diawali dari tempat peserta bertugas maupun wilayah yang lebih luas, bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Kegiatan yang akan dilakukan bisa melibatkan stakeholders, komunitas dan Lembaga Pendidikan terkait.
    2. Kegiatan dapat dilakukan secara tatap muka (dengan mengikuti protokol kesehatan) ataupun tatap maya (konferensi video)
    3. Peserta kegiatan adalah guru-guru atau komunitas guru di dalam maupun antar satuan pendidikan.
    4. Menyiapkan dan menggunakan bahan publikasi kegiatan yang relevan dan komunikatif, misalnya Banner atau Flyer melalui berbagai kanal media sosial.
    5. Hasil tiap kegiatan didokumentasikan dengan baik dalam format vlog.
    6. Laporan kegiatan dinarasikan pada Blog.

    2. Vlog (YouTube, TikTok, IG, FB)

    1. Vlog berupa dokumentasi visual tentang diseminasi implementasi inovasi pembelajaran kolaboratif berbasis TIK yang melibatkan guru dan siswa. Konten inovasi pembelajaran kolaboratif dapat ditambahkan muatan kearifan lokal dan memanfaatkan produk platform pembelajaran Kemdikbudristek Portal Rumah Belajar dan atau Platform Merdeka Mengajar (PMM).
    2. Tema besar dari Vlog Pembatik 2022 adalah “Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar”.
    3. Akun media sosial di setting dengan tampilan publik (tidak private)
    4. Share ke media sosial dengan menambahkan hashtag #PusdatinKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK202 #DutaTeknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022 #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK
    5. Penilaian meliputi aspek teknis, kebermanfaatan, kreatifitas dan inovasi.

    3. Blog

    1. Laporan kegiatan tatap muka/maya dinarasikan pada Blog.
    2. Berisi tulisan-tulisan mengenai aktivitas tatap maya/tatap muka, implementasi inovasi pembelajaran kolaboratif berbasis TIK yang melibatkan guru dan siswa dengan mengangkat kearifan lokal, aktivitas pemanfaatan blog untuk pembelajaran sesuai mapel/tema yang diampu, dan hal-hal lain yang edukatif, dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar.
    3. Tulisan original, komunikatif dan interaktif
    4. Desain dan tampilan: judul unik dan menarik
    5. Platform yang digunakan bebas.
    6. Berikan gambar yang relevan dan menarik
    7. Desain blog yang menarik
    8. Blog juga berisi hasil tugas vlog dan kegiatan tatap muka/ maya
    9. Tim penilai cukup membuka blog peserta untuk melakukan penilaian Tugas Akhir Peserta.
    Sumber: LMS Pusdatin Tahun 2022

    Related Posts

    Post a Comment for "TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2022"