Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Penting Rekrutmen Calon Guru Pengerak Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7



    Info Penting Rekrutmen Calon Guru Pengerak  Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 

    Latar Belakang

    Hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dari tahun ke tahun menunjukkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan peringkat hasil PISA rendah di dunia.

    Menanggapi hal tersebut maka pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristekdikti melakukan transformasi untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Transformasi pendidikan di harapkan mampu menjawab dan menjadi salah satu solusi yang sangat diperlukan untuk mengakselerasi kemajuan dunia pendidikan kita. Nah, salah satu wujud dari transformasi di bidang pendidikan ini maka lalu kemudian pemerintah menerbitkan kebijakan yang disebut dengan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPPGP) yang di handle oleh Dirjen GTK, yang di Komandani oleh Bapak Irwan Syahril. Dalam salah satu jumpa pers nya beliau mengatakan “Kami mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak”. Lebih lanjut beliau menegaskan “Guru Penggerak dan tim pendukungnya akan mampu mencetak SDM unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Dengan bergotong royongnya semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai visi Indonesia 2045”.

    Definisi

    Lalu apa definisi Guru Penggerak itu sendiri? Jadi Guru Penggerak adalah guru yang mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada siswa. Diharapkan Guru Penggerak dapat menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya. Guru Penggerak juga nantinya dapat mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila

    Kriteria Umum Pendidikan Guru Penggerak

    • Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta dan tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
    • Telah memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
    • Pendidikan minimal S1/D4.
    • Pengalaman minimal mengajar 5 tahun.
    • Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.
    • Berkeinginan kuat menjadi Guru Penggerak.
    Ingin mendaftar mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PPPGP)?
    Info Penting Rekrutmen Calon Guru Pengerak  Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7

    Manfaat Penting Program Guru Penggerak

    • Proses pendidikan guru penggerak menghadirkan berbagai manfaat positif bagi pesertanya. Setidaknya ada 7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yaitu:
    • Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama. Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak secara gratis. Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Pada pelatihan ini, calon guru penggerak akan dipantau terkait capaian perkembangannya. Selain itu, calon guru penggerak juga akan melaksanakan evaluasi hingga tahap pelatihan selesai dilaksanakan.
    • Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Manfaat kedua dalam mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Yakni pendidik dapat meningkatkan performa diri dalam menjadi guru yang sebenar-benarnya yang berpusat pada murid. Artinya, pendidik menjadi teladan dan mampu memberikan motivasi bagi murid sehingga menguatkan kemampuan untuk memberdayakan murid.
    • Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan. Manfaat ketiga mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu mendapatkan pengalaman belajar mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan. Belajar memang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, konsistensi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Dengan adanya pelatihan guru penggerak, para pengajar dapat menimba ilmu kembali secara sistematis.
    • Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak. Manfaat penting program guru penggerak yang ke – empat bagi pendidik yaitu bertemu guru-guru dari berbagai daerah. Hal ini dikarenakan pendaftar calon guru penggerak berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Dengan demikian, para calon guru penggerak dapat bertukar informasi, pengalaman, dan ilmu yang mereka miliki selama pelatihan berlangsung.
    • Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak. Salah satu manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yang pertama yaitu calon guru penggerak mendapatkan pelatihan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya secara gratis. Pengajar praktik / pendamping bagi pelatihan guru penggerak berasal dari Widyaiswara dan Pengawas Sekolah yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemendikbud. Mereka bertugas untuk mencatat perkembangan peserta selama pendidikan guru penggerak secara daring, pendampingan selama pendidikan, serta memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya.
    • Mendapatkan komunitas belajar baru. Manfaat keenam dalam mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu mendapatkan komunitas baru. Sama seperti penjabaran sebelumnya, para guru akan bertemu sesama peserta dan pelatih atau pembimbing dengan latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini tentu menjadi komunitas belajar baru bagi guru yang mungkin masih dapat dilakukan ketika sudah selesai mengikuti program pelatihannya. Program ini memungkinkan guru untuk berkolaborasi dengan lebih banyak orang.
    • Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak. Manfaat ketujuh dari partisipasi program guru penggerak bagi pendidik yaitu mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak. Hal ini dapat menjadi penunjang karir keguruan Anda.

    Jadwal Penting 


    Lokasi Sasaran



    Pengumuman

    Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7. Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.  
    PGP angkatan 7 akan dilaksanakan pada sasaran 446 Kabupaten/Kota (daftar Kabupaten/kota dan provinsi sebagaimana Lampiran 1). Pelaksanaan PGP angkatan 7 direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 7 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon peserta guru penggerak melalui tahapan-tahapan seleksi. 
    Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut. 
    1. Sasaran calon peserta Guru Penggerak angkatan 7 adalah guru sejumlah 20.000 peserta sesuai persyaratan pada Lampiran 2.
    2. Selama pendidikan para guru tetap menjalankan tugas mengajarnya di sekolah masing-masing.
    3. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu: Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai; dan Tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Registrasi akan dibuka mulai tanggal 14 Maret– 15 April 2022. .
    4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.
    Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak dapat dilihat pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

    Selanjutnya kami mohon Bapak/Ibu bersama dengan Tim PGP Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru terbaik di wilayah Bapak/Ibu untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon peserta guru penggerak. Untuk pertanyaan lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui  alamat surel: guru.penggerak@kemendikbud.go.id. 

    Langkah-langkah Pendaftaran dan seleksi calon guru penggerak (CGP) Angkatan 7 melalui Aplikasi Sim PKB.  
    Pendaftaran calon Guru Penggerak mengikuti langkah-langkah berikut ini: 
    1) Mengakses dan login ke simpkb; 
    2) Membuka menu program Guru Penggerak dan melakukan Registrasi Calon Guru Penggerak melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak; 
    3)  Mengikuti tahapan seleksi Calon Guru Penggerak; 
    4) Melakukan ”ajuan” sebagai Calon Guru Penggerak.

    👉👉👉Nah, bapak/ibu guru hebat dan para sahabat! Segera siapkan diri dan juga segala persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi Guru penggerak. Mari Berperan dalam Kemajuan Pendidikan Indonesia melalui Program Guru Penggerak!

    Untuk mengetahui lebih detail daerah-daerah yang menjadi sasaran program kegiatan PGP Angkatan 7 ini, silahkan lihat dilebar kedua dari Surat Edaran berikut ini: 


    Dan untuk mendownloadnya silahkan klik👇


    Repost

    Mohon bantuan dan kerjasamanya pada kegiatan lokakarya 3 Angkatan 4 ini, untuk membantu menginformasikan juga jadwal dan proses rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) dan Calon Pengajar Praktik Angkatan 7, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Maret - 8 April 2022, sebagaimana pada lampiran berikut.

    Informasi PGP Angkatan 7:

    1. Paparan Program Guru Penggerak angkatan 7:

    2. Paparan Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi PGP angkatan 7: 

    3. Video tentang Program, Tata Cara Pendaftaran, Testimoni Program Guru Penggerak:

    4. Daftar Tanya Jawab Program Guru Penggerak:

    5. Virtual Backgound PGP:

    6. Surat Rekrutmen PGP angkatan 7:

    diharapkan para pendaftar dapat lebih siap dalam menyiapkan kelengkapan pendaftaran, serta memiliki jedawaktu yang panjang dalam menulis isian. 

    beberapa evaluasi kegagalan pendaftaran, selain masalah teknis peserta belum klik BERKAS TERKIRIM padahal sudah lengkap mengisi cv, esai dan berkas (sehingga berkas menjadi tidak terkirim), serta esai yang diisi hasil kopian dari internet atau temannya (plagiarisme), padahal cukup menuliskan SESUAI PENGALAMAN NYATA sejumlah karakter kata yang di syaratkan.

    Semoga informasi ini bisa membantu menyukseskan rekrutmen PGP angkatan 7.

    Atas perhatian dan kerjasma Bapak/Ibu diucapkan terima kasih

    PPPPTK Penjas dan BK
    Pengjab PGP


    Alhamdulillah, ayo ajak kawan, sahabat, teman guruku hebat untuk  menjadi bagian transformasi pendidikan yaitu ikut bersama sama calon guru penggerak angkatan 7
                  
    (Mention 3 of your friends or more here)
    Get yourself this Twibbonize Frame at twb.nz/ayodaftarcgp7sulbar
    Don't forget to follow @twibbonize for further updated info!
    #sulbar #cgpangkatan7 #gurupenggerak #twibbonize

    Related Posts

    Post a Comment for "Info Penting Rekrutmen Calon Guru Pengerak Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 "