Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mari Baca Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022

    kesempatan kali ini ledsulbar akan memberikan informasi terbaru terkait dengan  Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022. Kurikulum ini baru diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
    Mari Baca Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022

    Apakah yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka?

    Kurikulum   Merdeka   adalah   kurikulum   dengan   pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek  untuk  menguatkan  pencapaian  profil  pelajar  Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.  Projek  tersebut  tidak  diarahkan  untuk  mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

    Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka?

    Berbagai   studi   nasional   maupun   internasional   menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran (learning crisis) yang cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep matematika dasar. Temuan itu juga juga memperlihatkan kesenjangan pendidikan yang  curam  di  antarwilayah dan  kelompok  sosial di  Indonesia. Keadaan ini kemudian semakin parah akibat merebaknya pandemi Covid-19. Untuk mengatasi krisis dan berbagai tantangan tersebut, maka kita memerlukan perubahan yang sistemik, salah satunya melalui kurikulum. Kurikulum menentukan materi yang diajarkan di kelas. Kurikulum juga mempengaruhi kecepatan dan metode mengajar  yang  digunakan  guru  untuk  memenuhi  kebutuhan peserta didik. Untuk itulah Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum   Merdeka   sebagai   bagian   penting    dalam   upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami.

    Mengapa Kurikulum Merdeka dijadikan opsi? Mengapa tidak langsung ditetapkan untuk semua sekolah?

    Ada dua  tujuan utama  yang mendasari kebijakan ini. Pertama, pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek, ingin menegaskan bahwa sekolah memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai kebutuhan dan konteks masing-masing sekolah. Kedua, dengan kebijakan opsi kurikulum ini, proses perubahan kurikulum nasional harapannya dapat terjadi secara lancar dan bertahap.Pemerintah  mengemban  tugas  untuk  menyusun  kerangka kurikulum. Sedangkan, operasionalisasinya, bagaimana kurikulum tersebut diterapkan, merupakan tugas sekolah dan otonomi bagi guru. Guru sebagai pekerja profesional yang memiliki kewenangan untuk  bekerja  secara  otonom,  berlandaskan  ilmu  pendidikan. 

    Sehingga, kurikulum antar sekolah bisa dan seharusnya berbeda, sesuai dengan karakteristik murid dan kondisi sekolah, dengan tetap mengacu pada kerangka kurikulum yang sama. Perubahan  kerangka  kurikulum  tentu  menuntut  adaptasi  oleh semua elemen sistem pendidikan. Proses tersebut membutuhkan pengelolaan yang cermat sehingga menghasilkan dampak yang kita  inginkan,  yaitu  perbaikan  kualitas  pembelajaran  dan pendidikan  di  Indonesia.  Oleh  karena  itu,  Kemendikbudristek memberikan opsi kurikulum sebagai salah satu upaya manajemen perubahan. 
    Perubahan kurikulum secara nasional baru akan terjadi pada 2024. Ketika  itu,  Kurikulum  Merdeka  sudah  melalui  iterasi  perbaikan selama 3 tahun di beragam sekolah/madrasah dan daerah. Pada tahun  2024  akan  ada  cukup  banyak  sekolah/madrasah  di  tiap daerah yang sudah mempelajari Kurikulum Merdeka dan nantinya bisa menjadi mitra belajar bagi sekolah/madrasah lain. Pendekatan  bertahap  ini  memberi  waktu  bagi  guru,  kepala sekolah, dan dinas pendidikan untuk belajar. Proses belajar para aktor kunci ini penting karena proses belajar ini menjadi fondasi transformasi pendidikan yang kita cita-citakan.Mari  kita  ingat,  tujuan  perubahan  kurikulum  adalah  untuk mengatasi  krisis  belajar  (learning  crisis). Kita  ingin  menjadikan sekolah  sebagai  tempat  belajar  yang  aman,  inklusif,  dan menyenangkan.  Oleh  karena  itulah,  Kemendikbudristek melakukan  perubahan  yang  sistemik,  tidak  hanya  kurikulum semata.  Kita  melakukan  reformasi  sistem  evaluasi  pendidikan, menata  sistem  rekrutmen  dan  pelatihan  guru,  menyelaraskan pendidikan vokasi dengan dunia kerja, mendampingi dinas-dinas pendidikan,  dan  melakukan  penguatan  anggaran  dan kelembagaan.
    Perubahan sistemik tersebut tentu tidak bisa terjadi dalam sekejap. Tahap  demi  tahap  perubahan  kurikulum  harapannya  dapat memberi  waktu  yang  memadai  bagi  seluruh  elemen  kunci sehingga  fondasi  untuk  transformasi  pendidikan  kita  dapat tertanam kukuh dan teguh.

    Untuk Selengkapnya Silahkan Unduh File Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022  tersebut  SILAHKAN UNDUH DAN BACA : 

     semoga bermanfaat.

    Related Posts

    Post a Comment for "Mari Baca Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022"