Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Repost: Apa Pendapat kalian tentang pemeo “Ganti Menteri, Ganti Kurikulum”. Apakah sudah sesuai dengan fakta?

     #sahabatDikBud

    #repost, apa pendapat kalian tentang pemeo “Ganti Menteri, Ganti Kurikulum”. Apakah sudah sesuai dengan fakta? Yuk, kita telusuri penjelasan berikut:









    Kalau menurut Kepala BSKAP Kemendikbudristek, bicara tentang pergantian kurikulum, #SahabatDikbud harus terlebih dahulu membedakan dua hal, yakni kurikulum nasional dan kurikulum tingkat satuan pendidikan. 

    Kurikulum nasional merupakan kurikulum yang ditetapkan pemerintah sebagai acuan para guru untuk menyusun kurikulum di tingkat satuan pendidikan. Sedangkan, kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan kurikulum yang seharusnya secara periodik dievaluasi dan diperbaiki agar sesuai dengan perubahan karakteristik murid serta perkembangan isu kontemporer. 

    Kerangka kurikulum nasional harus memberikan ruang inovasi. Kerangka kurikulum nasional haruslah dirancang sebagai kerangka yang secara preskriptif untuk memberikan ruang inovasi dan kemerdekaan, sehingga dapat dan harus dikembangkan lebih lanjut oleh masing-masing sekolah. Pada Intinya, kerangka kurikulum nasional seharusnya relatif ajeg, tidak cepat berubah, tapi memungkinkan adaptasi dan perubahan yang cepat di tingkat sekolah. Inilah yang Kemendikbudristek lakukan dengan merancang kurikulum prototipe.

    Kembali ke isu pergantian kurikulum. Faktanya, laju perubahan kurikulum nasional kita sebenarnya tidak terlalu cepat, bahkan melambat lho #SahabatDikbud. Jika kita perhatikan, sejak ditetapkannya UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, laju perubahan kurikulum melambat dari KBK di tahun 2004, KTSP di tahun 2006, dan yang terakhir adalah Kurikulum 2013 (K-13) di tahun 2013. 

    Kurikulum prototipe akan menjadi kurikulum nasional pada tahun 2024. Dengan kata lain, pergantian berikutnya baru akan terjadi setelah kurikulum yang sebelumnya (K-13) diterapkan 11 tahun dan melewati setidaknya empat menteri pendidikan. Maka, fakta ini mematahkan pemeo “Ganti Menteri, Ganti Kurikulum”.

    Nah, bagimana #SahabatDikbud? Apakah unggahan kali ini menjawab pertanyaan kalian? Yuk, bagikan informasi ini ke teman atau orang-orang yang masih memiliki pertanyaan dengan isu pergantian kurikulum.

    #MerdekaBelajar
    #PemulihanPembelajaran
    #RefleksiDiriUntukTransformasi
    #SerentakBergerak

    ✅Sumber Informasi Utama:

    Related Posts

    Post a Comment for "Repost: Apa Pendapat kalian tentang pemeo “Ganti Menteri, Ganti Kurikulum”. Apakah sudah sesuai dengan fakta? "