Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal lebih Dekat Portal Rumah Belajar serta Panduan Menggunggah Konten Digital di Portal Rumah Belajar

    Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat URL https://belajar.kemdikbud.go.id. Pada tahun 2019, portal Rumah Belajar yang sebelumnya menyediakan delapan fitur utama dan beberapa fitur pendukung lainnya, kini melakukan revitalisasi baik dari segi tampilan maupun sistemnya. Fasilitas fitur layanan edukasi dan kebudayaan dalam portal Rumah Belajar masih beragam, dan pada tahun ini fokus pada kelas virtual dan konten pembelajaran yang selaras dengan kurikulum pendidikan nasional hingga pengetahuan umum. Layanan yang tersedia dalam portal ini meliputi: berbagai bahan belajar dan media pembelajaran; fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan; berisi bahan belajar untuk guru dan peserta didik; wahana aktivitas komunitas (forum); hingga sarana evaluasi pembelajaran. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh peserta didik, guru, masyarakat luas, atau siapa pun yang mau belajar. Jadi belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja akan menjadi menyenangkan.

    Mengenal lebih Dekat Portal Rumah Belajar serta Panduan Menggunggah Konten Digital di Portal Rumah Belajar

    Portal Rumah Belajar diluncurkan pada tahun 2011 sebagai portal pendidikan dan kebudayaan. Kehadirannya menjadi wujud inovasi teknologi sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai layanan berbagai bidang, baik administratif maupun core business bidang tersebut. Istilah portal digunakan untuk merujuk ke situs pencarian dan penelusuran internet yang dikenal sebagai starting point bagi pengguna web untuk mengeksplorasi dan mengakses informasi di World Wide Web. Portal menawarkan indeks teks lengkap dari konten dokumen dan kesempatan untuk memanfaatkan kemampuan hyperlink dalam protokol web. Portal dapat diartikan sebagai situs web yang mengumpulkan beragam konten dan menyediakan berbagai layanan termasuk mesin pencari, direktori, berita, e-mail dan chat room.  

    Layanan utama portal Rumah Belajar adalah pendidikan dan pembelajaran. Definisi portal dari IBM Global Education Industry yaitu sebagai sebuah akses poin (point of access) terhadap data dan informasi, aplikasi, maupun orang yang bersifat terpadu (integrated), ada di mana-mana (ubiquitous), dan berguna (useful). Suatu komponen yang perlu diperhatikan agar portal lebih bermanfaat adalah konten atau isinya. Konten dalam portal Rumah Belajar harus berisi substansi edukatif dan sesuai dengan aturan kebijakan pendidikan nasional. Salah satu fokus konten dalam Rumah Belajar sumber belajar yang terdiri dari beragam media pembelajaran atau bahan belajar. Format atau jenis sumber belajar sifatnya beragam, seperti audio, video, hingga multimedia dan web. 

    Konsep yang diterapkan untuk layanan konten sumber belajar di portal Rumah Belajar adalah demokratisasi pendidikan. Pengembangan konten tidak hanya dilakukan oleh pengelola portal. Pengguna Rumah Belajar yang memiliki kemampuan kreasi konten pembelajaran diajak untuk berbagi konten melalui portal ini. Sesuai dengan makna demokratis: yang membuat, mengunggah, dan memanfaatkan konten sumber belajar adalah para pengguna Rumah Belajar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan 1) kebermanfaatan Rumah Belajar, 2) kompetensi TIK level kreasi, dan 3) jumlah konten edukatif yang berguna. Sehingga diperlukan pedoman mengunggah konten untuk berbagi dapat dijadikan sebagai acuan serta standar pelaksanaannya.   

    Dengan hadirnya Portal Rumah Belajar di blantika dunia maya (internet) menambah khasanah sumber belajar bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kehadiran Portal Rumah Belajar ini akan memudahkan guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, karena tersedia berbagai komponen yang diperlukan untuk pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas, terutama penugasan kepada peserta didik agar peserta didik sedini mungkin mengenal teknologi. Oleh karena itu, Portal Rumah Belajar ini memfasilitasi terjadinya pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran online. Maju Terus pendidikan indonesia, guru terus belajar dan berkarya. Diharapkan konten pembelajaran portal rumah belajar terus meningkat dari waktu ke waktu, khususnya yang berasal dari para guru. 

    ✅✅Panduan mengunggah Materi Sumber Belajar:

    Sumber Informasi Utama: 


    Related Posts

    Post a Comment for "Mengenal lebih Dekat Portal Rumah Belajar serta Panduan Menggunggah Konten Digital di Portal Rumah Belajar"